UTAMI, DIAN FRILIA (2017) ANALISIS KEPUASAN PASIEN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS DI KABUPATEN PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Dian Frilia Utami_JUDUL.pdf Download (922kB) | Preview |
Preview |
Text
Dian Frilia Utami_BAB I.pdf Download (668kB) | Preview |
Preview |
Text
Dian Frilia Utami_BAB II.pdf Download (747kB) | Preview |
![]() |
Text
Dian Frilia Utami_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) |
![]() |
Text
Dian Frilia Utami_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) |
![]() |
Text
Dian Frilia Utami_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
Preview |
Text
Dian Frilia Utami_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (585kB) | Preview |
![]() |
Text
Dian Frilia Utami_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sistem jaminan kesehatan nasional di Indonesia mulai beroperasi sejak 2014 melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan faktor yang penting dalam mencapai kepuasan pasien. Termasuk didalamnya pelayanan kefarmasian yang memiliki peran penting dalam program JKN, karena dituntut untuk memberikan pelayanan khususnya obat kepada peserta JKN dengan kualitas yang baik. Evaluasi penyelenggaraan pelayanan kesehatan penting dilaksanakan untuk mengupayakan pelayanan yang lebih baik, termasuk pelayanan kefarmasian di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai fasilitas kesehatan tingkat 1 dari BPJS Kesehatan. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan pendekatan desain studi cross sectional pada 6 Puskesmas di Kabupaten Purbalingga. Analisis kepuasan pasien menggunakan analisis gap dan diagram kartesius. Hasil penelitian analisis gap rata-rata -1,00. Nilai gap negatif menunjukkan pasien tidak puas. Hal ini karena harapan pasien yang relatif tinggi pada semua atribut pernyataan.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Agus Siswanto, M.Si., Apt. dan Much. Ilham N. Aji Wibowo, MPH., Apt. |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Gap, Diagram Kartesius, BPJS, Kepuasan Pasien, Puskesmas |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Farmasi S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 02:12 |
Last Modified: | 18 Oct 2017 02:12 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |