UTAMI, DIAN FRILIA (2017) ANALISIS KEPUASAN PASIEN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS DI KABUPATEN PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Dian Frilia Utami_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Dian Frilia Utami_JUDUL.pdf

Download (922kB) | Preview
[thumbnail of Dian Frilia Utami_BAB I.pdf]
Preview
Text
Dian Frilia Utami_BAB I.pdf

Download (668kB) | Preview
[thumbnail of Dian Frilia Utami_BAB II.pdf]
Preview
Text
Dian Frilia Utami_BAB II.pdf

Download (747kB) | Preview
[thumbnail of Dian Frilia Utami_BAB III.pdf] Text
Dian Frilia Utami_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[thumbnail of Dian Frilia Utami_BAB IV.pdf] Text
Dian Frilia Utami_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[thumbnail of Dian Frilia Utami_BAB V.pdf] Text
Dian Frilia Utami_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[thumbnail of Dian Frilia Utami_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Dian Frilia Utami_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of Dian Frilia Utami_LAMPIRAN.pdf] Text
Dian Frilia Utami_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sistem jaminan kesehatan nasional di Indonesia mulai beroperasi sejak 2014 melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan faktor yang penting dalam mencapai kepuasan pasien. Termasuk didalamnya pelayanan kefarmasian yang memiliki peran penting dalam program JKN, karena dituntut untuk memberikan pelayanan khususnya obat kepada peserta JKN dengan kualitas yang baik. Evaluasi penyelenggaraan pelayanan kesehatan penting dilaksanakan untuk mengupayakan pelayanan yang lebih baik, termasuk pelayanan kefarmasian di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai fasilitas kesehatan tingkat 1 dari BPJS Kesehatan. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan pendekatan desain studi cross sectional pada 6 Puskesmas di Kabupaten Purbalingga. Analisis kepuasan pasien menggunakan analisis gap dan diagram kartesius. Hasil penelitian analisis gap rata-rata -1,00. Nilai gap negatif menunjukkan pasien tidak puas. Hal ini karena harapan pasien yang relatif tinggi pada semua atribut pernyataan.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Agus Siswanto, M.Si., Apt. dan Much. Ilham N. Aji Wibowo, MPH., Apt.
Uncontrolled Keywords: Analisis Gap, Diagram Kartesius, BPJS, Kepuasan Pasien, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 18 Oct 2017 02:12
Last Modified: 18 Oct 2017 02:12
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4760

Actions (login required)

View Item View Item