PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DI SEKOLAH DAN RASA INGIN TAHU SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 2 SOKANEGARA

PRASETYANINGRUM, RATIH DWI (2014) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DI SEKOLAH DAN RASA INGIN TAHU SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 2 SOKANEGARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RATIH DWI PRASETYANINGRUM COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RATIH DWI PRASETYANINGRUM BAB I.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RATIH DWI PRASETYANINGRUM BAB II.pdf

Download (825kB) | Preview
[img] Text
RATIH DWI PRASETYANINGRUM BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
RATIH DWI PRASETYANINGRUM BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
RATIH DWI PRASETYANINGRUM BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img]
Preview
Text
RATIH DWI PRASETYANINGRUM DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text
RATIH DWI PRASETYANINGRUM LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh disiplin belajar di sekolah terhadap prestasi belajar IPA, pengaruh rasa ingin tahu siswa terhadap prestasi belajar IPA, dan pengaruh antara disiplin belajar di sekolah dan rasa ingin tahu siswa terhadap prestasi belajar IPA. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVSD Negeri 2 Sokanegara tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 72 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 35 siswa dari kelas IV A SD Negeri 2 Sokanegara. Pengumpulan data untuk variabel tes prestasi belajar IPA digunakan dengan tes tertulis, sedangkan untuk disiplin belajar di sekolah dan rasa ingin tahu siswa digunakan dengan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan regresi linier sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua, sedangkan untuk hipotesis ketiga menggunakan regresi ganda dan korelasi parsial.Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, homogenitas, dan linieritas. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar di sekolah terhadap prestasi belajar IPA yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabelyaitu: 2,806 > 1,696 dengan koefisien determinasi sebesar 0,45 yang artinya sebesar 20,25% variabel ini mempengaruhi prestasi belajar dengan persamaan regresi linier sederhana Ŷ = -7,06 + 1,52 X1, ada pengaruh yang signifikan antara rasa ingin tahu siswa terhadap prestasi belajar IPA yang ditunjukkan dengan nilai nilai thitung>ttabelyaitu: 3,480 > 1,696 dengan koefisien determinasi sebesar 0,53 yang artinya sebesar 28,09% variabel rasa ingin tahu siswa mempengaruhi prestasi belajar dengan persamaan regresi linier sederhanaŶ = -15,57 + 1,82 X2, dan ada pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar di sekolah dan arasa ingin tahu siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPA yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabelyaitu: 6,505 > 3,316 dengan persamaan regresi linier ganda yang dihasilkan yaitu Ŷ = -29,02 + 0,68 X1+ 1,40 X2.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing:Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Drs. Sony Irianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Disiplin belajar di sekolah, rasa ingin tahu, dan prestasi belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 16 Oct 2017 08:54
Last Modified: 16 Oct 2017 08:54
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4740

Actions (login required)

View Item View Item