UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIFE TIPE PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) DI KELAS V SD NEGERI PASIR LOR

SANI,, KINTRI ATIKAH (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIFE TIPE PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) DI KELAS V SD NEGERI PASIR LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi pesawat sederhana melalui model pembelajaran kolaboratif tipe Predict, Observe, Explain (POE). Penelitian ini dilaksankan di kelas V SD N Pasir Lor yang terdiri dari 14 siswa dengan 9 siswa laki -laki dan 5 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dua pertemuan. Dalam penelitian ini alat untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan tes berpikir kritis. Alat untuk mengukur hasil belajar siswa dengan menggunakan soal evaluasi yang diberikan pada setiap akhir siklusnya, juga menggun akan lembar penilaian observasi siswa dan guru untuk pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, hasil tes berpikir kritis mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 53,80 dengan kriteria kemamp uan berpikir kritis siswa cukup dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 71,66 dengan kriteria kemampuan berpikir kritis siswa baik. Hasil evaluasi siswa mengalami peningkatan yang signifikan yaitu pada siklus I diperoleh rata-rata 66 dengan persentase 57,14% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 77,35 dengan nilai persentase 92,85%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif tipe Predict, Observe, Explain (POE) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar IPA materi pesawat sederhana di kelas V SD N Pasir Lor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Arifin Muslim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kritis, Prestasi Belajar, POE, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 14 Oct 2017 03:32
Last Modified: 14 Oct 2017 03:32
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4702

Actions (login required)

View Item View Item