AWALUDIN, ZULFIKAR (2012) PERANAN PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DALAM PENINGKATAN SIKAP NASIONALISME SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTASARI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
ZULFIKAR AWALUDIN COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
ZULFIKAR AWALUDIN BAB I.pdf Download (916kB) | Preview |
Preview |
Text
ZULFIKAR AWALUDIN BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text
ZULFIKAR AWALUDIN BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
ZULFIKAR AWALUDIN BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
ZULFIKAR AWALUDIN BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Preview |
Text
ZULFIKAR AWALUDIN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Terkikisnya rasa nasionalisme sekarang ini melanda anak didik di sekolah,
hampir di setiap jenjang sekolah, ketika dilaksanakan upacara bendera para siswa
tidak melaksanakan dengan khidmat dan tertib. Hal ini tentu sangat
mengkhawatirkan, karena siswa merupakan generasi penerus bangsa yang
diharapkan mampu menjadi manusia yang berkualitas yang memiliki semangat
kebangsaan dan rasa cinta tanah air yang tinggi. Untuk membentuk rasa
nasionalisme ini, peranan mata pelajaran yang berkaitan dengan kebangsaan
sangat dibutuhkan, khususnya mata pelajaran IPS Sejarah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pembelajaran IPS
Sejarah dalam peningkatan sikap nasionalisme siswa. Peneliti kemudian merinci
menjadi tiga sub tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui implementasi nilai-nilai
nasionalisme dalam pembelajaran IPS Sejarah pada siswa dan kendala-kendala
yang dihadapi dalam pembelajaran IPS Sejarah dalam peningkatkan sikap
nasionalisme siswa serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala
dalam pembelajaran IPS Sejarah dalam peningkatan sikap nasionalisme siswa.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil kesimpulan umum, yaitu
pembelajaran IPS Sejarah mempunyai peran penting dalam peningkatan sikap
nasionalisme siswa. Hal ini dapat ditunjukan dengan materi-materi pembelajaran
IPS Sejarah yang mengarah pada peningkatan sikap nasionalisme siswa yang
bersumber pada nilai-nilai luhur perjuangan bangsa dan pelestarian budaya
bangsa. Selain itu pemanfaatan sumber belajar, media dan metode pembelajaran,
sarana dan prasarana yang mendukung didalam kelas secara optimal mampu
memberikan peranan penting dalam peningkatan sikap nasionalisme siswa dalam
pembelajaran IPS Sejarah.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Suwarno, M.Si. dan Arifin Suryo Nugroho, S.Pd, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, IPS, Sikap Nasionalisme, Sekolah Menegah Pertama |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 06:16 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 04:31 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4643 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |