PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2015/2016

MARYATUN, SINTA (2016) PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2015/2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SINTA MARYATUN_PAI'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SINTA MARYATUN_PAI'16.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SINTA MARYATUN_PAI'16.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text
BAB III_SINTA MARYATUN_PAI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
BAB IV_SINTA MARYATUN_PAI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
BAB V_SINTA MARYATUN_PAI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SINTA MARYATUN_PAI'16.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_SINTA MARYATUN_PAI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto Tahun Ajaran 2015-2016 Jenis penelitian ini adalah deksriptif Kualitatif dan Subjek dalam penelitian ini adalah Guru PAI dan siswa SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto sebagai sumber untuk mendapatkan data secara langsung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika penerapan kurikulum 2013 terhadap pendidikan agama islam di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto adalah berupa terbatasnya media pembelajaran (sarana dan prasarana), masalah buku-buku, kurangnya alokasi waktu pada pembelajaran PAI, dan siswa yang belum terbiasa terhadap pembelajaran kurikulum 2013. Dalam implementasi kurikulum 2013 tentulah masih banyak hambatan yang dirasakan guru-guru disekolah lainnya. Kunci keberhasilan pendidikan, tetapi faktor yang lebih utama adalah seorang guru, dengan segala problem tersebut guru yang kreatif, semangat dan dedikikasi tinggi dapat mengembangkan program, kegiatan, dan alat bantu pembelajaran yang inovatif. Solusinya mengatasi probelamtiaka kurikulum 2013 adalah dengan pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah, melengkapi materi dari internet, pemberian tugas kepada siswa, guru menyampaikan point penting kepada siswa, membiasakan siswa berdiskusi di kelas, dan guru membimbing selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. A. Sulaeman M.S.I
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Pembelajaran PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 19 Jan 2017 03:27
Last Modified: 19 Jan 2017 03:27
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/463

Actions (login required)

View Item View Item