MEILINA, NURIZA (2017) UPAYA MENINGKATKAN PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHINGAND LEARNING MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI PASIR WETAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_NURIZA MEILINA_PGSD'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_NURIZA MEILINA_PGSD'17.pdf Download (655kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_NURIZA MEILINA_PGSD'17.pdf Download (867kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_NURIZA MEILINA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) |
![]() |
Text
BAB IV_NURIZA MEILINA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V_NURIZA MEILINA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_NURIZA MEILINA_PGSD'17.pdf Download (736kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_NURIZA MEILINA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatar belakangi oleh beberapa hal,
diantaranya rendahnya peduli lingkungan siswa dan rendahnya prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan peduli lingkungan dan prestasi belajar IPA materi sumber daya
alam dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).
Penelitian ini dilaksanakan dlam 2 siklus, yang masing-masing siklusnya terdiri
dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi,
dan refleksi. Subjek peneliti adalah siswa kelas IVB SD Negeri Pasir Wetan yang
berjumlah 20 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 10 siswa dan siswa
perempuan berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
tes dan teknik non tes (observasi, angket, wawancara, dokumentasi). Berdasarkan
hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di kelas IVB SD Negeri
Pasir Wetan, diperoleh hasil bahwa penerapan model CTL dapat meningkatkan
peduli lingkungan dan prestasi belajar siswa. Peduli lingkungan pada siklus I
memperoleh rata-rata 2,81 dengan kriteria baik dan pada siklus II memperoleh
3,58 dengan kriteria sangat baik. Perolehan hasil evaluasi siswa pada siklus I
mencapai 50% dengan 10 siswa yang tidak tuntas, dan pada siklus II mencapai
90% dengan 18 siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat
meningkatkan peduli lingkungan dan prestasi belajar IPA pada materi sumber
daya alam di kelas IVB SD Negeri Pasir Wetan.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Peduli lingkungan, Prestasi belajar, IPA, dan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 03:41 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 02:52 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |