MARIFATI, LILIS (2017) PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan Nilai-Nilai dan Metode). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_LILIS MARIFATI_PAI'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_LILIS MARIFATI_PAI'17.pdf Download (773kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_LILIS MARIFATI_PAI'17.pdf Download (925kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_LILIS MARIFATI_PAI'17.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
![]() |
Text
BAB IV_LILIS MARIFATI_PAI'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V_LILIS MARIFATI_PAI'17.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_LILIS MARIFATI_PAI'17.pdf Download (714kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan pada anak usia dini dan metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter anak usia dini di lingkungan keluarga dalam perspektif pendidikan Islam.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang dalam prosesnya melakukan penelaahan dan penelusuran literatur buku-buku kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dengan menggunakan sumber data langsung (primer) dan sumber data tak langsung (sekunder). Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis induktif dan deduktif, serta menggunakan metode kajian isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perspektif pendidikan Islam, nilai-nilai pendidikan karakter yang di tanamkan pada anak usia dini di lingkungan keluarga, mencakup : (1) keimanan dan ketaktawaan, (2) kejujuran, (3) disiplin, (4) percaya diri, (5) tanggung jawab, (6) keadilan, (7) sopan santun, (8) pemaaf, (9) sabar, (10) peduli. Metode yang digunakan, meliputi : (1) metode keteladanan, (2) metode pembiasaan, (3) metode bermain, (4) metode cerita, (5) metode nasihat, (6) metode penghargaan dan hukuman. Dari metode tersebut yang paling tepat adalah metode keteladanan, karena berkaitan dengan karakteristik anak usia dini bahwa ia suka meniru. Ia akan meniru apa yang dilihat, didengar, dirasa dan dialami, maka karakternya akan terbentuk sesuai dengan pola asuh orangtua.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dra. Hj. Zakiyah, M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 02:01 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 06:39 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4613 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |