FAJRIANA, UUN (2017) IMPLIKAROR KONVENSIONAL PADA SLOGAN IKLAN PRODUK MAKANAN RINGAN DI TELEVISI PERIODE MARET – APRIL 2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
UUN FAJRIANA COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
UUN FAJRIANA BAB I.pdf Download (660kB) | Preview |
Preview |
Text
UUN FAJRIANA BAB II.pdf Download (781kB) | Preview |
![]() |
Text
UUN FAJRIANA BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
![]() |
Text
UUN FAJRIANA BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) |
![]() |
Text
UUN FAJRIANA BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
Preview |
Text
UUN FAJRIANA DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (630kB) | Preview |
![]() |
Text
UUN FAJRIANA LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul “Implikatur Konvensional pada Slogan Iklan Produk Makanan Ringan di Televisi Periode Maret – April 2017” bertujuan untuk mendeskripsikan implikatur konvensional dalam makna pragmatik imperatif pada slogan iklan produk makanan ringan di televisi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata dan frasa dalam slogan iklan produk makanan ringan. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan di televisi. Penelitian ini menggunakan tiga tahap penelitian yaitu tahap penyediaan data, tahap penganalisisan data, dan tahap penyajian hasil analisis. Pada tahap penganalisisan data peneliti menggunakan metode padan. Dalam penelitian ini metode padan diterapkan dengan teknik Pilah Unsur Penentu atau PUP sebagai teknik dasar. Dengan teknik Pilah Unsur Penentu atau PUP peneliti menghubungkan unsur-unsur kebahasaan dalam slogan dengan acuanya (referen) untuk mengetahui slogan iklan masuk kedalam jenis makna pragmatik imperatif anjuran, ajakan, persilaan, bujukan, atau larangan. Penggunaan teknik Pilah Unsur Penentu atau PUP juga peneliti hubungkan slogan dengan konteks situasi yang terdapat pada iklan, sehingga dapat menarik informasi yang tepat mengenai maksud dari slogan tersebut. Dari kelima implikatur konvensional yang mengandung makna pragmatik imperatif didominasi oleh implikatur konvensional bermakna pragmatik imperatif anjuran. Slogan iklan produk makanan ringan di televisi banyak memuat kalimat-kalimat implikatur konvensional yang memberikan daya persuasif kepada pemirsa (penonton).
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd. dan Drs. H. Kuntoro, M.Hum. |
Uncontrolled Keywords: | implikatur konvensional, pragmatik imperatif, dan slogan iklan produk makanan ringan |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 06 Oct 2017 05:45 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 08:01 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |