FAJRIANA, UUN (2017) IMPLIKAROR KONVENSIONAL PADA SLOGAN IKLAN PRODUK MAKANAN RINGAN DI TELEVISI PERIODE MARET – APRIL 2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of UUN FAJRIANA COVER.pdf]
Preview
Text
UUN FAJRIANA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of UUN FAJRIANA BAB I.pdf]
Preview
Text
UUN FAJRIANA BAB I.pdf

Download (660kB) | Preview
[thumbnail of UUN FAJRIANA BAB II.pdf]
Preview
Text
UUN FAJRIANA BAB II.pdf

Download (781kB) | Preview
[thumbnail of UUN FAJRIANA BAB III.pdf] Text
UUN FAJRIANA BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[thumbnail of UUN FAJRIANA BAB IV.pdf] Text
UUN FAJRIANA BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[thumbnail of UUN FAJRIANA BAB V.pdf] Text
UUN FAJRIANA BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[thumbnail of UUN FAJRIANA DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
UUN FAJRIANA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (630kB) | Preview
[thumbnail of UUN FAJRIANA LAMPIRAN.pdf] Text
UUN FAJRIANA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Implikatur Konvensional pada Slogan Iklan Produk Makanan Ringan di Televisi Periode Maret – April 2017” bertujuan untuk mendeskripsikan implikatur konvensional dalam makna pragmatik imperatif pada slogan iklan produk makanan ringan di televisi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata dan frasa dalam slogan iklan produk makanan ringan. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan di televisi. Penelitian ini menggunakan tiga tahap penelitian yaitu tahap penyediaan data, tahap penganalisisan data, dan tahap penyajian hasil analisis. Pada tahap penganalisisan data peneliti menggunakan metode padan. Dalam penelitian ini metode padan diterapkan dengan teknik Pilah Unsur Penentu atau PUP sebagai teknik dasar. Dengan teknik Pilah Unsur Penentu atau PUP peneliti menghubungkan unsur-unsur kebahasaan dalam slogan dengan acuanya (referen) untuk mengetahui slogan iklan masuk kedalam jenis makna pragmatik imperatif anjuran, ajakan, persilaan, bujukan, atau larangan. Penggunaan teknik Pilah Unsur Penentu atau PUP juga peneliti hubungkan slogan dengan konteks situasi yang terdapat pada iklan, sehingga dapat menarik informasi yang tepat mengenai maksud dari slogan tersebut. Dari kelima implikatur konvensional yang mengandung makna pragmatik imperatif didominasi oleh implikatur konvensional bermakna pragmatik imperatif anjuran. Slogan iklan produk makanan ringan di televisi banyak memuat kalimat-kalimat implikatur konvensional yang memberikan daya persuasif kepada pemirsa (penonton).

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd. dan Drs. H. Kuntoro, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: implikatur konvensional, pragmatik imperatif, dan slogan iklan produk makanan ringan
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 06 Oct 2017 05:45
Last Modified: 09 Jul 2024 08:01
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4596

Actions (login required)

View Item View Item