RACHMAWATI, ELISA (2017) PERAN GURU DALAM PERENCANAAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA UNTUK MENJAGA KEDISIPLINAN SISWA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER_ELISA RACHMAWATI_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
COVER_ELISA RACHMAWATI_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I_ELISA RACHMAWATI_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
BAB I_ELISA RACHMAWATI_PGSD'17.pdf

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of BAB II_ELISA RACHMAWATI_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
BAB II_ELISA RACHMAWATI_PGSD'17.pdf

Download (916kB) | Preview
[thumbnail of BAB III_ELISA RACHMAWATI_PGSD'17.pdf] Text
BAB III_ELISA RACHMAWATI_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[thumbnail of BAB IV_ELISA RACHMAWATI_PGSD'17.pdf] Text
BAB IV_ELISA RACHMAWATI_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V_ELISA RACHMAWATI_PGSD'17.pdf] Text
BAB V_ELISA RACHMAWATI_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_ELISA RACHMAWATI_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ELISA RACHMAWATI_PGSD'17.pdf

Download (674kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_ELISA RACHMAWATI_PGSD'17.pdf] Text
LAMPIRAN_ELISA RACHMAWATI_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam
perencanaan pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa untuk menjaga
kedisiplinan siswa di SD Negeri 2 Karanggondang. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara
dan pengumpulan dokumen. Partisipan dapan penelitian ini adalah kepala sekolah,
guru kelas V dan siswa kelas V. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah
sebagai berikut: (1) Guru berperan untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dan juga
pendidikan budaya dan karakter bangsa. Peran guru dalam pendidikan budaya dan
karakter bangsa dilaksanakan dalam kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan,
dan pengondisian. (2) Peran guru dalan menjaga kedisiplinan siswa dilaksanakan
melalui pelaksanaan tata tertib siswa dan pemberian tanggungjawab kepada siswa.
(3) Hambatan atau kendala yang dialami guru berasal dari faktor geografis seperti
cuaca dan faktor lingkungan seperti kekurangan tenaga pendidik dan pengawasan
orangtua.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph. D., dan Dr. Sriyanto, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Peran Guru, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 06 Oct 2017 02:00
Last Modified: 23 Dec 2024 02:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4571

Actions (login required)

View Item View Item