YULFIYATUN, DWI (2017) KONTRIBUSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_DWI YULFIYATUN_PAI'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_DWI YULFIYATUN_PAI'17.pdf Download (820kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_DWI YULFIYATUN_PAI'17.pdf Download (989kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_DWI YULFIYATUN_PAI'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) |
![]() |
Text
BAB IV_DWI YULFIYATUN_PAI'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (823kB) |
![]() |
Text
BAB V_DWI YULFIYATUN_PAI'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_DWI YULFIYATUN_PAI'17.pdf Download (746kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_DWI YULFIYATUN_PAI'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kontribusi guru Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan ibadah siswa di SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga
Jenis penelitian ini adalah kualitatif disamping juga penelitian menggunakan prosentase. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berjumlah 4 orang. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pengamalan ibadah yang dilakukan di lingkungan SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga terdiri dari tadarrus al-Qur‟an, Baca Tulis Al-Qur‟an (BTA), sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah dan sholat jum‟at. Sedangkan kontribusi guru Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan ibadah siswa di SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga yaitu dengan cara memberikan teladan atau uswah, memberikan bimbingan atau pembinaan, memberikan motivasi, memberikan nasehat, dan memberikan sanksi atau hukuman bagi siswa yang tidak tertib dalam melakukan pengamalan ibadah siswa di sekolah. Serta pengamalan ibadah siswa di SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga: 1) Tadarrus al-Qur‟an, meliputi (a). Keikutsertaan siswa dalam tadarus bersama 92%, (b). Pembiasaan membaca Al-qur‟an 100%, (c). Lancar dalam membaca al-Qur‟an 77%, 2). Baca Tulis al-Qur‟an, meliputi: (a). Kelancaran menulis al-Qur‟an 100%, (b). Pemahaman ilmu tajwid 77%, (c). lancer dengan tartil 89% , 3). Ibadah sholat, meliputi: (a). Kebiasaan sholat berjamaah 100%, (b). Ibadah kepada Alloh 96%, (c). Keikhlasan ibadah 92%, (d). Rasa rendah hati siswa 92%, (e). Kesadaran melaksanakan sholat sunnah 89%, 4). Pengaruh ibadah, meliputi: (a). Ketenangan dalam sholat 100%, (b). Kepedulian dengan teman 94%, (c). Rasa ingin dekat dengan Alloh 100%, 3). Kedisiplinan beribadah meliputi, (a). Menjadi pribadi yang disiplin 100%, (b). Kesadaran beribadah 89%, (c). Pendekatan diri kepada All0h 100%, (d). Pribadi yang terpuji 100%.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Ibnu Hasan, S.Ag.,M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Kontribusi, Guru PAI, Pengamalan Ibadah Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 06 Oct 2017 01:37 |
Last Modified: | 06 Oct 2017 01:37 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |