HIMANIAR, ARIANTIKA (2017) FIGUR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA DI SMP NEGERI 1 PADAMARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_ARIANTIKA HIMANIAR_PAI'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_ARIANTIKA HIMANIAR_PAI'17.pdf Download (763kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_ARIANTIKA HIMANIAR_PAI'17.pdf Download (892kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_ARIANTIKA HIMANIAR_PAI'17.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) |
![]() |
Text
BAB IV_ARIANTIKA HIMANIAR_PAI'17.pdf Restricted to Registered users only Download (890kB) |
![]() |
Text
BAB V_ARIANTIKA HIMANIAR_PAI'17.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_ARIANTIKA HIMANIAR_PAI'17.pdf Download (753kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_ARIANTIKA HIMANIAR_PAI'17.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui figur guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Padamra dan untuk mengetahui cara guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk perilaku siswa di SMP Negeri 1 Padamara.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif disamping juga penelitian menggunakan prosentase. Subjek penelitian adalah guru PAI yang berjumlah 2 orang dan peserta didik kelas 8H yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan datanya berupa metode wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa figur guru PAI di SMP N 1 Padamara, 1). Memiliki pribadi yang baik, meliputi (a). Sikap jujur, berakhlak mulia, dan menjadi teladan bagi peserta didik 91%, (b). Sikap adil 97%, (c). Sikap sopan 100%. 2). Menguasai materi pembelajaran, meliputi (a). penguasaan materi pembelajaran 87%, (b). Respon guru terhadap materi pembelajaran 94%, (c). Memberikan pembelajaran yang mendidik 96%, (d). Pembelajaran dengan buku panduan 94%. 3). Memiliki rasa tanggung jawab terhadap peserta didik, meliputi (a). tanggung jawab terhadap kesuksesan KBM 96%, (b). Tanggung jawab terhadap kurikulum 100%, (c). Tanggung jawab terhadap intelektual dan moral siswa 87%. 4). Pemanfaatan TIK, 80%. 5). Memiliki rasa percaya diri yang tinggi, meliputi (a). rasa percaya diri dalam mengajar 96%, (b). Kepercayaan diri dalam beradaptasi 87%. 5). Memahami karakter peserta didik 63 %. Sedangkan cara guru PAI dalam membentuk perilaku siswa meliputi 1). Nasehat, 2). Teguran, 3). Sanksi, dan 4). Kedisiplinan. Serta perilaku siswa di SMP N 1 Padamara 1). mampu memotivasi diri sendiri, 91%, 2). Memiliki rasa empati yang tinggi, meliputi (a). Rasa empati 100%, (b). Kepedulian dan tanggung jawab lingkungan 96%, 3). Kesadaran dalam beribadah, meliputi (a). Perasaan tenang setelah sholat 100%, (b). Keyakinan aqidah 91%, (c). Keyakinan iman 96%, 4). Memiliki bakat positif, meliputi (a). Mengembangkan minat 76%, (b). Kreativitas siswa dalam mengembangkan ilmu 94%, 5). Berkepribadian baik, meliputi (a). Sikap jujur 63%, (b). Sikap baik siswa 86%, (c). Sikap ikhlas dan mematuhi 73%, (d). Taat dengan tata tertib 96%, memiliki rasa percaya diri, meliputi (a). sikap percaya diri dengan hasil 86%, (b). Sikap sikap percaya diri dengan keluarga 100%, 6). Mampu mengontrol emosi, meliputi (a). cara siswa mengontrol emosi 83%, (b) sikap mematuhi orangtua 96%
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dra. Zakiyah, M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Figur guru, Perilaku siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 06 Oct 2017 01:02 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 03:16 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4556 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |