APRIYANI, AWALITA NURVINDA (2017) PERUMUSAN STRATEGI PENINGKATAN KEPUASAN KONSUMEN APOTEK X DAN Y DI KABUPATEN PURBALINGGA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Awalita Nurvinda Apriyani - COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Awalita Nurvinda Apriyani - BAB I.pdf Download (549kB) | Preview |
Preview |
Text
Awalita Nurvinda Apriyani - BAB II.pdf Download (682kB) | Preview |
![]() |
Text
Awalita Nurvinda Apriyani - BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) |
![]() |
Text
Awalita Nurvinda Apriyani - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) |
![]() |
Text
Awalita Nurvinda Apriyani - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
Preview |
Text
Awalita Nurvinda Apriyani - DAFTAR PUSTRAKA.pdf Download (744kB) | Preview |
![]() |
Text
Awalita Nurvinda Apriyani - LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
x
ABSTRAK
Kualitas layanan farmasi dan pelayanan kefarmas
ian yang baik harus terus
dikembangkan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang senantiasa
berubah dan meningkat. Meningkatnya jumlah usaha apotek menyebabkan
meningkatnya persaingan antar apotek dalam memperebutkan konsumen. Guna
meningkatkan kualita
s layanan farmasi dan pelayanan kefarmasian, perlu adanya
strategi yang sesuai serta pembenahan internal dan eksternal secara terus menerus
baik segi fisik maupun non fisik. Oleh karena itu perlu adanya analisis terhadap
keadaan apotek saat ini dalam suatu
analisis SWOT
(Strength, Weakness,
Opportunities,
dan
Threat)
agar pihak manajemen apotek dapat menyusun strategi
selanjutnya untuk memenangkan persaingan pasar dimasa yang akan datang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen atas
pelayanan kefarmasian di apotek sehingga dapat menganalisi
s strategi pemasaran
yang sesuai berdasarkan faktor lingkungan internal dan eksternal apotek.
Penelitian ini bersifat deskriptif observasional. Dengan menggunakan rancangan
cross sectional
melalui pendekatan metode gabungan
(mixed methods).
Analisis
untuk
mengukur tingkat kepuasan konsumen menggunakan analisis
Costumer
Satisfaction Index
(CSI) dan analisis strategi pemasaran dengan menggunakan
analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan besarnya angka index kepuasan
pelanggan Apotek X sebesar 78,71%. Tingkat
kepuasan ini berada pada level
“puas” (66%
- 80%). Dan index kepuasan Apotek Y sebesar 79,91%, tingkat
kepuasan ini juga berada pada level “puas”. Hasil analisis SWOT menunjukan
bahwa Apotek X dan Y berada pada kuadran I, (
Growth oriented strategy).
Stren
gth posture
dan
competitive posture
Apotek X = 0,594 dan 0,301 dan
Strength posture
dan
competitive posture
pada Apotek Y = 0,438 dan 0,633. Index
kepuasan pelanggan Apotek X dan Y berada pada level “Puas”. Alternatif strategi
pemasaran yang dipilih adalah
strategi SO yaitu memanfaatkan seluruh kekuatan
untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar
-besarnya.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Wahyu Utaminingrum, M.Sc., Apt. 2. |
Uncontrolled Keywords: | Analisis SWOT, Alternatif Strategi, Strategi Pemasaran Apotek, Kepuasan Pasien, CSI. |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Farmasi S1 |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 05 Oct 2017 00:53 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 02:44 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |