CIPTANINGSIH, WIJI LESTARI (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE EKSPLORASI DENGAN KEGIATAN BERMAIN APOTIK HIDUP PADA KELOMPOK B TK PERTIWI 1 DESA KEDARPAN KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Wiji Lestari Ciptaningsih_JUDUL.pdf Download (8MB) | Preview |
Preview |
Text
Wiji Lestari Ciptaningsih_BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Wiji Lestari Ciptaningsih_BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text
Wiji Lestari Ciptaningsih_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Wiji Lestari Ciptaningsih_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Wiji Lestari Ciptaningsih_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (923kB) |
Preview |
Text
Wiji Lestari Ciptaningsih_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text
Wiji Lestari Ciptaningsih_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (32MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah Peneliutian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian
seluruh anak didik kelompok B TK Pertiwi 1 Kedarpan Kecamatan Kejobong
Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah anak 20 laki-laki
10 dan perempuan 10). Proses penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, dan
masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini, mempergunakan obsevasi dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik
analisis data mempergunakan tekhnik deskriptif kualitatif. Penelitian ini tidak
hanya menitikberatkan pada hasil kemampuan berbahasa pada anak saja, tetapi
pada upaya untuk memberikan gambaran atau fenomena pengajaran yang sedang
berlangsung dan keberhasilan atau peningkatan kemampuan bahasa anak.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan bahasa pada
subyek penelitian. Setelah diberikan pembelajaran melalui metode eksplorasi
dengan bermain apotek hidup selama 2 siklus. Kemampuan bahasa pada anak
meningkat. Pada kondisi awal, dari 20 anak didik, anak yang mampu berbahasa
berkembang sangat baik ada 4 anak atau 20 % , sedangkan 2 anak atau 10 %
berkembang sesuai harapan, 2 anak atau 10% mulai berkembang dan 12 anak atau
60 % belum berkembang. Kemudian diadakan perbaikan dengan mengadakan
siklus I, jumlah anak yang berhasil sangat baik semakin meningkat yaitu menjadi
9 anak atau 45 % sedangkan 5 anak atau 25% berkembang sesuai harapan, 3
anak atau 15 % anak mulai berkembang dengan baik dan 3 anak atau 15 % belum
berhasil. Peneliti mengadakan perbaikan kembali pada siklus II untuk
meningkatkan kemampuan bahasa anak, dan pada siklus II tingkat keberhasilan
anak meningkat sangat pesat yaitu menjadi 18 anak atau 90 % dan 2 anak atau 10
% belum berhasil.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Johni Dimyati, M.M. dan Melati Ismi Hapsari, M.Psi. |
Uncontrolled Keywords: | Bermain Apotek Hidup, Metode Eksplorasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 04:16 |
Last Modified: | 04 Oct 2017 04:16 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4535 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |