MISTRIYANTI, . (2013) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK MELALUI PEMBIASAAN UCAPAN “TOMAT” (TOLONG, MAAF, DAN TERIMAKASIH) PADA SISWA PAUD ANAK SHOLEH KELOMPOK B SEMESTER GENAP KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2012-2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
Mistriyani_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Mistriyani_BAB I.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text
Mistriyani_BAB II.pdf Download (800kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Mistriyani_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
|
![]() |
Text
Mistriyani_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
|
![]() |
Text
Mistriyani_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
|
|
Text
Mistriyani_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (615kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Mistriyani_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan moral dalam etika dan sopan santun serta tanggung jawab atau disiplin melalui pembiasaan ucapan tolong, maaf dan terimakasih di kelompok B PAUD Anak Sholeh kecamatan purwokerto timur kabupaten banyumas tahun ajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdapat dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan lembar observasi peserta didik dan lembar wawancara untuk orang tua atau wali murid. Dalam analisis data ini peneliti mempergunakan perhitungan prosentase ketuntasan belajar anak yaitu 80%. Pada studi awal peserta didik yang BB pada seluruh indikator yang telah ditentukan terdapat 11 peserta didik atau 55%, peserta didik yang MB terdapat 5 peserta didik atau 25%, peserta didik yang BSH terdapat 3 peserta didik atau 15%, dan peserta didik yang BSB terdapat 1 peserta didik atau 5%. Pada siklu I peserta didik yang BB pada seluruh indikator yang telah ditentukan terdapat 0 peserta didik atau 0%, peserta didik yang MB terdapat 7 peserta didik atau 35%, peserta didik yang BSH terdapat 11 peserta didik atau 55%, dan peserta didik yang BSB terdapat 2 peserta didik atau 10%. Pada siklus II peserta didik yang BB pada seluruh indikator yang telah ditentukan terdapat 0 peserta didik atau 0%, peserta didik yang MB terdapat 0 peserta didik atau 0%, peserta didik yang BSH terdapat 2 peserta didik atau 10%, dan peserta didik yang BSB terdapat 18 peserta didik atau 90% sehingga peneliti dapat dikatakan berhasil. Dari dua peserta didik yang sudah berkembang sesuai harapan dapat berkembang menjadi berkembang sangat baik jika terus menerus mendapat rangsangan dari guru atau dari orangtua baik di sekolah atau di rumah. Rangsangan tersebut berupa pembiasaan yang dilakukan dengan contoh atau peringatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Sigid Sriwanto, M.Si. dan Anita Rosalina, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Moral, Pembiasaan Ucapan TOMAT, Anak Usia Dini |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 00:43 |
Last Modified: | 04 Oct 2017 00:53 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |