AFINDASARI,, WIWIN DWI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA MOVIE LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MATAPELAJARAN IPS KELAS IV DI SD N 1 BANTERAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (772kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (849kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (939kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (672kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap peningkatan
prestasi belajar dan tanggung jawab antara siswa yang memperoleh pembelajaran
model kooperatif tipe
Two Stay Two Stray
berbantuan media
Movie Learning
dan
siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan
metode
Quasi Eksperimen
. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 1
Banteran dengan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IVA sebagai
kelompok eksperimen dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol. Desain yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu
Nonequivalent control groupdesign
(pengambilan sampel
purpose sample
). Teknik pengumpulan data prestasi belajar
siswa menggunakan penilaian prestasi belajar IPS yaitu soal tes dan tanggung
jawab menggunakan angket. Data dihitung dengan menggunakan uji normalitas,
uji homogenitas, uji gain skor dan uji t. Hasil penelitian pada pretasi belajar
menunjukkan
t
hitung
≥ t
tabel
atau
2,61 ≥ +
1,684 sehingga
ditolak dan
diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap
peningkatan prestasi belajar antara siswa yang memperoleh pembelajaran Model
Kooperatif Tipe
Two Stay Two Stray
berbantuan Media
Movie Learning
dan
siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional mata pelajaran IPS
Kelas IV di SD N 1 Banteran. Hasil pada tanggung jawab menunjukkan t
hitung
≥
t
tabel
atau
2,12≥
1,684 sehingga
ditolak dan
diterima. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap peningkatan tanggung
jawab antara siswa yang memperoleh pembelajaran Model Kooperatif Tipe
Two
Stay Two Stray
berbantuan Media
Movie Learning
dan siswa yang memperoleh
model pembelajaran konvensional mata pelajaran IPS Kelas IV di SD N 1
Banter
an
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo M,M. M.Pd., dan Arifin Muslim S.Pd, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray,Prestasi Belajar IPS, dan Tanggung Jawab |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 02:01 |
Last Modified: | 15 May 2024 01:23 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4495 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |