AFINDASARI,, WIWIN DWI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA MOVIE LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MATAPELAJARAN IPS KELAS IV DI SD N 1 BANTERAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (772kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (849kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (939kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (672kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar dan tanggung jawab antara siswa yang memperoleh pembelajaran model kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbantuan media Movie Learning dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen . Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 1 Banteran dengan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Nonequivalent control groupdesign (pengambilan sampel purpose sample ). Teknik pengumpulan data prestasi belajar siswa menggunakan penilaian prestasi belajar IPS yaitu soal tes dan tanggung jawab menggunakan angket. Data dihitung dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji gain skor dan uji t. Hasil penelitian pada pretasi belajar menunjukkan t hitung ≥ t tabel atau 2,61 ≥ + 1,684 sehingga ditolak dan diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar antara siswa yang memperoleh pembelajaran Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray berbantuan Media Movie Learning dan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional mata pelajaran IPS Kelas IV di SD N 1 Banteran. Hasil pada tanggung jawab menunjukkan t hitung ≥ t tabel atau 2,12≥ 1,684 sehingga ditolak dan diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap peningkatan tanggung jawab antara siswa yang memperoleh pembelajaran Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray berbantuan Media Movie Learning dan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional mata pelajaran IPS Kelas IV di SD N 1 Banter an
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo M,M. M.Pd., dan Arifin Muslim S.Pd, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray,Prestasi Belajar IPS, dan Tanggung Jawab |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | eko wahyudi |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 02:01 |
Last Modified: | 03 Oct 2017 02:01 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4495 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |