PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA MOVIE LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MATAPELAJARAN IPS KELAS IV DI SD N 1 BANTERAN

AFINDASARI,, WIWIN DWI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA MOVIE LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MATAPELAJARAN IPS KELAS IV DI SD N 1 BANTERAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (849kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar dan tanggung jawab antara siswa yang memperoleh pembelajaran model kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbantuan media Movie Learning dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen . Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 1 Banteran dengan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Nonequivalent control groupdesign (pengambilan sampel purpose sample ). Teknik pengumpulan data prestasi belajar siswa menggunakan penilaian prestasi belajar IPS yaitu soal tes dan tanggung jawab menggunakan angket. Data dihitung dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji gain skor dan uji t. Hasil penelitian pada pretasi belajar menunjukkan t hitung ≥ t tabel atau 2,61 ≥ + 1,684 sehingga ditolak dan diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar antara siswa yang memperoleh pembelajaran Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray berbantuan Media Movie Learning dan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional mata pelajaran IPS Kelas IV di SD N 1 Banteran. Hasil pada tanggung jawab menunjukkan t hitung ≥ t tabel atau 2,12≥ 1,684 sehingga ditolak dan diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap peningkatan tanggung jawab antara siswa yang memperoleh pembelajaran Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray berbantuan Media Movie Learning dan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional mata pelajaran IPS Kelas IV di SD N 1 Banter an

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo M,M. M.Pd., dan Arifin Muslim S.Pd, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray,Prestasi Belajar IPS, dan Tanggung Jawab
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 03 Oct 2017 02:01
Last Modified: 03 Oct 2017 02:01
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4495

Actions (login required)

View Item View Item