SATRIADI, TULUS (2017) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRES TAS BELAJAR SISWA MELALUI M ETODE ROLE PLAYING PADA MATERI MENGHARGAI JASA DAN PERANAN TOKOH PERJUANGAN DALAM MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS V S EKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (596kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (692kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian
bertujuan untuk peningkatan percaya diri dan prestasi belajar IPS
melalui metode pembelajaran
Role Playing
siswa kelas V (Lima) SD Negeri 1
Pandak
. Subjek penelitian adalah kelas V (L
ima) SD Negeri 1 Pandak, Kecamatan
Baturaden, Kabupaten Banyumas sebanyak 21 siswa. Penelitian tindakan kelas
dilaksanakan dalam 2 siklus, s
etiap siklus terdiri 2 pertemuan.
Prosedur
pelaksanaan setiap siklus meliputi p
erencanaan, pelaksanaan
, observasi, d
an
refleksi.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes
. Teknik
tes dengan evaluasi
dan non tes dengan observasi, dokumentasi, angket. Hasil
prestasi belajar siswa diperoleh dari evaluasi, peningkatan
rasa percaya diri
menggunakan lembar an
gket da
n data aktivitas guru dan siswa.
Be
rdasarkan hasil
penelitian, rasa percaya diri siswa pada
siklus I diperoleh rata
-rata 2,89 dengan
kriteria baik dan
siklus II diperoleh rata
-rata 3,28 dengan kriteria sangat baik.
Hasil
prestasi belajar siswa pada
siklus I diperoleh rata
-rata 66,10
dengan
persentase ketuntasan
61,19
% dengan kriteria cukup dan
sik
lus II diperoleh rata
-
rata 82,01 dengan persentase ketuntasan 95,23
% deng
an kriteria baik.
Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa
metode
pembelajaran
Role
Playing
dapat
meningkatkan
rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa materi Menghargai Jasa
Dan Peranan Tokoh Perjuangan Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia
di kelas V (Lima) SD Negeri 1 Pandak.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Supriatna, M.Pd., dan Dhi Bramasta, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Rasa Percaya Diri, Prestasi Belajar, Metode Role Playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2017 01:22
Last Modified: 03 Feb 2025 02:13
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4488
[error in script]

Actions (login required)

View Item View Item