ISTIKOMAH, AENI (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBASIS EDUTAINMENT KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf Download (703kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf Download (857kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) |
![]() |
Text
BAB IV_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf Download (696kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penerapan variasi strategi dalam pembelajaran menjadi hal yang penting
dalam menjadikan pembelajaran lebih variatif dan menyenangkan. SD
Muhammadiyah 1 Purbalingga merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan
berbasis edutainment dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)
mengetahui pelaksanaan program pembelajaran langsung berbasis edutainment
kelas II, 2) mengetahui hambatan-hambatan yang dialami dalam pelaksanaan
program pembelajaran langsung berbasis edutainment kelas, 3) mengetahui solusi
yang dilakukan ketika memperoleh hambatan-hambatan dalam pelaksanaan
program pembelajaran langsung berbasis edutainment kelas II. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 1) kelas II di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga
telah melaksanakan program pembelajaran langsung berbasis edutainment dan
berjalan secara optimal, 2) pembelajaran di kelas ketika guru menyampaikan
kurang jelas maka proses pembelajaran juga berjalan kurang optimal sedangkan di
luar kelas kurang maksimalnya guru pendamping dalam mengondisikan peserta
didik karena area yang luas dan peserta didik terlalu menkmati kondisi lingkungan
sehingga konsep pembelajaran kurang tersampaikan secara maksimal, 3) solusi
yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan yaitu melalui
kegiatan evaluasi setelah kegiatan pembelajaran langsung selesai dan memiliki
rencana cadangan untuk sewaktu-waktu jika pembelajaran terlaksana kurang
maksimal
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | edutainment, pembelajaran langsung, pembelajaran berbasis edutainment |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 04:09 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 06:36 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4473 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |