ISTIKOMAH, AENI (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBASIS EDUTAINMENT KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
COVER_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
BAB I_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf

Download (703kB) | Preview
[thumbnail of BAB II_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
BAB II_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf

Download (857kB) | Preview
[thumbnail of BAB III_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf] Text
BAB III_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[thumbnail of BAB IV_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf] Text
BAB IV_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf] Text
BAB V_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf

Download (696kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf] Text
LAMPIRAN_AENI ISTIKOMAH_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penerapan variasi strategi dalam pembelajaran menjadi hal yang penting
dalam menjadikan pembelajaran lebih variatif dan menyenangkan. SD
Muhammadiyah 1 Purbalingga merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan
berbasis edutainment dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)
mengetahui pelaksanaan program pembelajaran langsung berbasis edutainment
kelas II, 2) mengetahui hambatan-hambatan yang dialami dalam pelaksanaan
program pembelajaran langsung berbasis edutainment kelas, 3) mengetahui solusi
yang dilakukan ketika memperoleh hambatan-hambatan dalam pelaksanaan
program pembelajaran langsung berbasis edutainment kelas II. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 1) kelas II di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga
telah melaksanakan program pembelajaran langsung berbasis edutainment dan
berjalan secara optimal, 2) pembelajaran di kelas ketika guru menyampaikan
kurang jelas maka proses pembelajaran juga berjalan kurang optimal sedangkan di
luar kelas kurang maksimalnya guru pendamping dalam mengondisikan peserta
didik karena area yang luas dan peserta didik terlalu menkmati kondisi lingkungan
sehingga konsep pembelajaran kurang tersampaikan secara maksimal, 3) solusi
yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan yaitu melalui
kegiatan evaluasi setelah kegiatan pembelajaran langsung selesai dan memiliki
rencana cadangan untuk sewaktu-waktu jika pembelajaran terlaksana kurang
maksimal

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn, M.Pd
Uncontrolled Keywords: edutainment, pembelajaran langsung, pembelajaran berbasis edutainment
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:09
Last Modified: 20 Sep 2024 06:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4473

Actions (login required)

View Item View Item