WULANDARI, ANGGIT (2017) PENGARUH KEMATANGAN SOSIAL TERHADAP KESIAPAN BELAJAR ANAK TK PGRI 2 KARANGSARI KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf]
Preview
Text
COVER_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf]
Preview
Text
BAB I_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf

Download (707kB) | Preview
[thumbnail of BAB II_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf]
Preview
Text
BAB II_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf

Download (719kB) | Preview
[thumbnail of BAB III_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf] Text
BAB III_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[thumbnail of BAB IV_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf] Text
BAB IV_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)
[thumbnail of BAB V_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf] Text
BAB V_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf

Download (691kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf] Text
LAMPIRAN_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pengaruh Kematangan Sosial Terhadap Kesiapan
Belajar Anak TK PGRI 2 Karangsari Kecamatan Punggelan Kabupaten
Banjarnegara Semester Genap Tahun Pelajaran 2016-2017 bertujuan untuk
mengetahui apakah ada hubungan antara kematangan sosial terhadap kesiapan
belajar anak didik TK PGRI 2 Karangsari. Hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini adalah ada hubungan antara kematangan sosial terhadap kesiapan
belajar anak didik TK PGRI 2 Karangsari. Populasi dalam penelitian ini peserta
didik kelompok B sejumlah 35 anak. Penelitian menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan teknik korelasi product moment dimana metode pengumpulan
data menggunakan angket, yaitu angket tingkat kematangan sosial dan angket
kesiapan belajar anak. Dari hasil uji validitas dengan subjek 20 anak untuk nilai
rtabel dengan n=20 adalah 0.444, diperoleh koefisien validitas pada angket tingkat
kematangan sosial bergerak -0,114 sampai 0,732, sedangkan angket kesiapan
belajar bergerak 0,814 sampai 0,960. Hasil uji reliabilitas angket tingkat
kematangan sosial diperoleh nilai 0,902 dan untuk angket kesiapan belajar
diperoleh hasil 0,988. Hasil analisis yang telah dilakukan pada pengaruh tingkat
kematangan sosial terhadap kesiapan belajar anak, dengan r tabel product moment,
nilai (df = N-nr, N = 35 dan nr = 2) df sebesar 35-2=33 pada taraf signifikansi 5%
= 0,334 dan koefisien korelasi (rxy) adalah 0,6876. Sehingga dapat disimpulkan
nilai rhitung > rtabel (0,6876 > 0,334), maka hipotesis diterima yaitu terdapat
hubungan antara kematangan sosial terhadap kesiapan belajar anak didik TK
PGRI 2 Karangsari dengan arah hubungannya adalah positif, yaitu apabila
semakin tinggi tingkat kematangan sosial anak maka semakin tinggi pula tingkat
kesiapan belajar anak, begitu juga jika tingkat kematangan sosial rendah maka
kesiapan belajarnya rendah.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Melati Ismi Hapsari, M. Psi., dan Drs. H. Daliman, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: kematangan sosial, kesiapan belajar, TK PGRI 2 Karangsari
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 02 Oct 2017 02:27
Last Modified: 02 Oct 2017 02:27
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4459

Actions (login required)

View Item View Item