WULANDARI, ANGGIT (2017) PENGARUH KEMATANGAN SOSIAL TERHADAP KESIAPAN BELAJAR ANAK TK PGRI 2 KARANGSARI KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf Download (707kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf Download (719kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) |
![]() |
Text
BAB IV_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (990kB) |
![]() |
Text
BAB V_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf Download (691kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_ANGGIT WULANDARI_PAUD'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul Pengaruh Kematangan Sosial Terhadap Kesiapan
Belajar Anak TK PGRI 2 Karangsari Kecamatan Punggelan Kabupaten
Banjarnegara Semester Genap Tahun Pelajaran 2016-2017 bertujuan untuk
mengetahui apakah ada hubungan antara kematangan sosial terhadap kesiapan
belajar anak didik TK PGRI 2 Karangsari. Hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini adalah ada hubungan antara kematangan sosial terhadap kesiapan
belajar anak didik TK PGRI 2 Karangsari. Populasi dalam penelitian ini peserta
didik kelompok B sejumlah 35 anak. Penelitian menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan teknik korelasi product moment dimana metode pengumpulan
data menggunakan angket, yaitu angket tingkat kematangan sosial dan angket
kesiapan belajar anak. Dari hasil uji validitas dengan subjek 20 anak untuk nilai
rtabel dengan n=20 adalah 0.444, diperoleh koefisien validitas pada angket tingkat
kematangan sosial bergerak -0,114 sampai 0,732, sedangkan angket kesiapan
belajar bergerak 0,814 sampai 0,960. Hasil uji reliabilitas angket tingkat
kematangan sosial diperoleh nilai 0,902 dan untuk angket kesiapan belajar
diperoleh hasil 0,988. Hasil analisis yang telah dilakukan pada pengaruh tingkat
kematangan sosial terhadap kesiapan belajar anak, dengan r tabel product moment,
nilai (df = N-nr, N = 35 dan nr = 2) df sebesar 35-2=33 pada taraf signifikansi 5%
= 0,334 dan koefisien korelasi (rxy) adalah 0,6876. Sehingga dapat disimpulkan
nilai rhitung > rtabel (0,6876 > 0,334), maka hipotesis diterima yaitu terdapat
hubungan antara kematangan sosial terhadap kesiapan belajar anak didik TK
PGRI 2 Karangsari dengan arah hubungannya adalah positif, yaitu apabila
semakin tinggi tingkat kematangan sosial anak maka semakin tinggi pula tingkat
kesiapan belajar anak, begitu juga jika tingkat kematangan sosial rendah maka
kesiapan belajarnya rendah.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Melati Ismi Hapsari, M. Psi., dan Drs. H. Daliman, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | kematangan sosial, kesiapan belajar, TK PGRI 2 Karangsari |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 02:27 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 02:27 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |