DIANA,, PURBANING WAHYU (2017) PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (742kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (887kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (738kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsistensi penggunaan Bahasa
I
ndonesia
oleh guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Partisipan dalam
penelitian ini berjumlah tiga guru, yaitu guru kelas II, guru kelas III, dan guru
kelas V SD Negeri 1 Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.
Pemilihan partisipan dilakukan dengan menggunakan
purposive sample
(sampel
bertujuan). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap guru
responden saat pembelajaran dan wawancara pada guru responden. Teknik
analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil observasi dan wawancara
yang silakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa guru masih belum konsisten
dalam menggunakan Bahasa Indonesia saat pembelajaran karena terdapat campur
kode. Penyebab terjadinya campur kode adalah untuk menyesuaikan bahasa
siswa, memudahkan pemahaman kepada siswa, dan menjalin komunikasi yang
lebih baik dengan siswa. Upaya guru dalam mendorong siswa berbahasa
Indonesia
antara lain dengan menggunakan Bahasa Indonesia lebih intensif dalam
pembelajaran di kelas serta memberikan contoh dan anjuran.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, campur kode, guru, pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2017 08:42
Last Modified: 04 Jul 2024 06:51
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4445

Actions (login required)

View Item View Item