SUKMA,, OKTAPIA PUTRI AYU (2017) PERANAN GURU ASISTEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN KEMBARAN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (618kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (758kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (648kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)

Abstract

Sadtyadi (2014:291) mengatakan bahwa berdasarkan tugas pokok dan
fungsi guru sekolah dasar, yang relatif berbeda dengan guru yang lainnya, guru
sekolah dasar khususnya guru kelas memiliki peran yang lebih komplek dibanding
dengan guru pada jenjang pendidikan lainnya. Tugas seorang guru dalam proses
pembelajaran tidak hanya mengajar dan menyampaikan materi di depan kelas,
terutama dengan tugas guru di kelas rendah. Siswa kelas rendah memiliki
karakteristik yang berbeda dengan kelas tinggi, pada kelas I sekolah dasar guru
harus selalu memperhatikan setiap perkembangan siswanya, karena siswa kelas I
adalah masa peralihan dari TK ke SD, jadi akan selalu membutuhkan arahan dan
bimbingan terutama ketika siswa sedang mengalami kesulitan belajar. Guru
merupakan faktor yang sangat dominan dan paling penting dalam proses
pembelajaran. Guru dituntut mampu memberikan dan merealisasikan harapan dan
keinginan dalam rangka mencapai keberhasilan belajar, maka untuk memudahkan
dan membantu guru kelas dalam proses pembelajaran diadakanlah guru asisten.
Guru asisten di sini adalah seorang guru honorer yang membantu guru kelas
dalam proses pembelajaran di sekolah dasar non inklusi. Tujuan umum penelitian
ini untuk mengetahui bagaimana peranan guru asisten dalam proses pembelajaran
di Sekolah Dasar Kecamatan Kembaran Banyumas. Secara khusus untuk
mengetahui bagaimana peran guru asisten dalam proses pembelajaran di kelas I
SD UMP, dan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam proses
pembelajaran tanpa guru asisten di kelas I SDN 4 Dukuhwaluh. Jenis penelitian
yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan partisipan penelitian
ini ialah guru kelas I SD UMP dan SDN 4 Dukuhwaluh, kepala sekolah SD UMP
dan SDN 4 Dukuhwaluh, serta guru asisten kelas I SD UMP. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: wawancara, observasi, dan
dokumentas. Teknik analisis data yang digunakan yakni: reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru
asisten dalam proses pembelajaran di kelas I sekolah dasar diperlukan untuk
mem
bantu guru kelas dalam mengawasi siswa, mengkondisikan kelas, membantu
siswa yang mengalami keterlambatan belajar, serta dapat menggantikan tugas
guru kelas dalam mengajar saat guru kelas sedang berhalangan.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd dan Aji Heru Muslim, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Guru Asisten, Proses Pembelajaran, Kelas I Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2017 06:18
Last Modified: 30 Sep 2017 06:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4444

Actions (login required)

View Item View Item