PRATIWI,, NUR INDAH (2017) POLA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 1 PAGERAJI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (688kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (770kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (652kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Salah satu tugas pokok Kepala Sekolah adalah sebagai pemimpin.
Kemampuan Kepala Sekolah sebagai pemimpin dianalisis melalui
kepribadian, pengetahuan terhadap tenaga kependidikan, kemampuan
mengambil keputusan, dan kemampuan berkomunikasi. Setiap pemimpin
memiliki kepemimpinan, upaya dan kendala yang berbeda. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif untuk memberikan pemahaman secara
menyeluruh dalam konteks khusus yang alamiah mengenai pola
kepemimpinan Kepala Sekolah. Tujuan dari penelitian antara lain untuk
mengetahui pola kepemimpinan yang dilakukan, mengetahui upaya-upaya
yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah, dan
mengetahui kendala yang dihadapi oleh Kepala Sekolah. Berdasarkan data
yang dikumpulkan, maka pola kepemimpinan yang digunakan oleh Kepala
Sekolah adalah demokratis. Dengan beberapa tambahan beberapa keputusan
adalah hasil pertimbangan secara perseorangan dengan mendapat persetujuan
bersama dan kesempatan berinisiatif dan berkreasi tetap memiliki batasan.
Upaya yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah
diantaranya, menciptakan kerjasama tim, menumbuhkan sikap kedisiplinan
dalam bekerja, membantu dalam meningkatkan profesionalitas guru,
menyelenggarakan program-program yang bertujuan untuk mengembangkan
diri siswa, dan pemenuhan sarana prasarana dan fasilitas sekolah. Kendala
yang dihadapi
Kepala Sekolah
dalam meningkatkan mutu sekolah
, antara lain
Kepala Sekolah merasa
minat
maupun
kedisiplinan peserta didik
masih
rendah dan Kepala Sekolah merasa dukungan dari masyarakat sekit
ar
sekolah
masih kurang.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Aji Heru Muslim, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Pola Kepemimpinan, Upaya, Kendala, Mutu Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 30 Sep 2017 06:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 01:38 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4443 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |