RAHAYU, NOVI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK LIMA E TERHADAP TANGGUNGJAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 1 KARANGTENGAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (678kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (753kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (674kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kolaboratif teknik lima
E
terhadap tanggungjawab dan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 1 Karangtengah. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan desain
pre test post test control group desain
.
Sampel pada penelitian
ini
iala
h kelas IV A
dengan jumlah 23 siswa dan
kelas
IV
B dengan jumlah 20 siswa
.
Kelas
IV
B sebagai kelompok ek
sperimen dan
kela
s
IV
A sebagai
kelompok kontrol. Teknik pengumpulan
data tanggungjawab
siswa
dilakukan
dengan teknik
angket
, sedangkan
pengumpulan
data prestasi belajar
siswa menggunakan
post test
.
Data yang telah dip
eroleh
kemudian
dianalisis
untuk
diuji
hipotesis
dengan menggunakan uji t
. Taraf signifikansi yang
digunakan ialah 0,05 dengan dk n
1
+ n
2
–
2 atau 20 + 23
–
2. Berdasarkan hasil
perhitungan uji t
pada
data angket tanggungjawab siswa dapat diketahui bahwa
nilai t
hitung
lebih besar
dari t
tabel
atau 2,63
> 2,020. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa
terdapat pengaruh
yang lebih baik pada
model
pembelajaran kolaboratif
teknik lima
E
terhadap
tanggungjawab siswa kelas IV mata pelajaran IPS di SDN
1 Karangtengah. Hasil perhitungan uji t pada data
pos
t test
diperoleh
nilai t
hitung
lebih besar
dari t
tabel
atau 2,77
> 2,020.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh
yang lebih baik pada
model
pembelajaran kolaboratif teknik
lima
E
terhadap
prestasi
belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS di
SDN 1
Karangtengah.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd dan Yudha Febrianta, M. Or |
Uncontrolled Keywords: | Model Kolaboratif Teknik Lima E , T anggungjawab, Prestasi Belajar, IPS . |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 30 Sep 2017 05:37 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 03:17 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4442 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |