RAHAYU, NOVI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK LIMA E TERHADAP TANGGUNGJAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 1 KARANGTENGAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (678kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (753kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (674kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kolaboratif teknik lima
E
terhadap tanggungjawab dan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 1 Karangtengah. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan desain
pre test post test control group desain
.
Sampel pada penelitian
ini
iala
h kelas IV A
dengan jumlah 23 siswa dan
kelas
IV
B dengan jumlah 20 siswa
.
Kelas
IV
B sebagai kelompok ek
sperimen dan
kela
s
IV
A sebagai
kelompok kontrol. Teknik pengumpulan
data tanggungjawab
siswa
dilakukan
dengan teknik
angket
, sedangkan
pengumpulan
data prestasi belajar
siswa menggunakan
post test
.
Data yang telah dip
eroleh
kemudian
dianalisis
untuk
diuji
hipotesis
dengan menggunakan uji t
. Taraf signifikansi yang
digunakan ialah 0,05 dengan dk n
1
+ n
2

2 atau 20 + 23

2. Berdasarkan hasil
perhitungan uji t
pada
data angket tanggungjawab siswa dapat diketahui bahwa
nilai t
hitung
lebih besar
dari t
tabel
atau 2,63
> 2,020. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa
terdapat pengaruh
yang lebih baik pada
model
pembelajaran kolaboratif
teknik lima
E
terhadap
tanggungjawab siswa kelas IV mata pelajaran IPS di SDN
1 Karangtengah. Hasil perhitungan uji t pada data
pos
t test
diperoleh
nilai t
hitung
lebih besar
dari t
tabel
atau 2,77
> 2,020.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh
yang lebih baik pada
model
pembelajaran kolaboratif teknik
lima
E
terhadap
prestasi
belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS di
SDN 1
Karangtengah.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd dan Yudha Febrianta, M. Or
Uncontrolled Keywords: Model Kolaboratif Teknik Lima E , T anggungjawab, Prestasi Belajar, IPS .
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2017 05:37
Last Modified: 23 Dec 2024 03:17
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4442

Actions (login required)

View Item View Item