KURNIA, DEVI (2017) GAMBARAN PENGETAHUAN GURU TENTANG PERILAKU BULLYING PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA KARANGTENGAH KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
devi kurnia COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
devi kurnia BAB I.pdf Download (819kB) | Preview |
Preview |
Text
devi kurnia BAB II.pdf Download (854kB) | Preview |
![]() |
Text
devi kurnia BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
devi kurnia BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (830kB) |
![]() |
Text
devi kurnia BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
Preview |
Text
devi kurnia DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (936kB) | Preview |
![]() |
Text
devi kurnia LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang: Kasus bullying di Indonesia sudah merajalela di sekolah-sekolah.
Baik di tingkat sekolah dasar, menengah, sampai perguruan tinggi. Bentuk
penyimpangan perilaku yang terjadi pada siswa sekolah dasar tidak hanya berupa
kekerasan yang merupakan salah satu bentuk dari perilaku agresif. Upaya
melaksanakan pendidikan di sekolah, dibutuhkan berbagai faktor pendukung.
Mengacu paparan dan permasalahan di atas bahwa pelaku bullying akan cenderung
mengulang perilakunya ketika ada penguatan, sehingga perlu adanya pengetahuan
guru dalam menangani bullying.
Tujuan: Untuk Mengetahui pengetahuan guru tentang perilaku bullying pada anak
SD di Kelurahan Karangtengah Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam
penelitian ini adalah guru SD di Desa Karangtengah Kecamatan Baturraden
Kabupaten Banyumas sebanyak 35 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Simple
Random Sampling. Analisa data menggunakan analisa univariat.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian didapatkan pengetahuan guru tentang pengertian
bullying baik sebanyak 30 orang (85,7%), karakteristik bullying baik yaitu sebanyak
23 orang (65,7%), bentuk bullying baik yaitu sebanyak 17 orang (48,6%), penyebab
bullying baik yaitu sebanyak 22 orang (62,9%), dan dampak bullying baik yaitu
sebanyak 25 orang (71,4%).
Kesimpulan: Pengetahuan guru tentang perilaku bullying sebagian besar pada
kategori baik. Guru diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan
pengetahuan terkait dengan perilaku dan penanganan tindakan bullying di sekolah.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Ns. Dayat Trihadi, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J., |
Uncontrolled Keywords: | Bullying, Guru, Pengetahuan, Perilaku |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Yuni Sri Subkhaini |
Date Deposited: | 29 Sep 2017 03:10 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 03:43 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4430 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |