ARIFIANI, ANGGI DESY (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN KEGIATAN BERMAIN PROFESOR CILIK PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI 2 PENAMBONGAN KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
Anggi Desy Arifiani_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Anggi Desy Arifiani_BAB I.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
Anggi Desy Arifiani_BAB II.pdf Download (874kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Anggi Desy Arifiani_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (895kB) |
|
![]() |
Text
Anggi Desy Arifiani_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
Anggi Desy Arifiani_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
|
|
Text
Anggi Desy Arifiani_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (615kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Anggi Desy Arifiani_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Metode Eksperimen Dengan Kegiatan Bermain Profesor Cilik Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 2 Penambongan Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga Semester Genap Tahun Ajaran 2012-2013”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen dengan kegiatan bermain profesor cilik. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah 20 peserta didik kelompok B TK Pertiwi 2 Penambongan Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga semester genap tahun ajaran 2012-2013. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu data yang diperoleh berupa kata-kata, tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka statistik, melainkan tetap dalam bentuk kualitatif yang memiliki arti lebih kaya dari sekedar angka atau frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan sains melalui metode eksperimen dengan bermain profesor cilik. Hasil dibuktikan pada kondisi awal hanya ada 2 anak atau 10% yang berkembanga sangat baik, 4 anak atau 20% anak yang sudah berkembang sesuai harapan sesuai dengan indikator yang diharapkan dalam RKH, 10 anak atau 50% anak yang mulai berkembang, sedangkan 4 anak atau 20% anak yang belum berkembang sesuai dengan indikator yang meningkat pada siklus I yaitu 4 anak atau 20% anak yang berkembang sangat baik, 9 anak atau 45% anak yang sudah berkembang sesuai harapan sesuai dengan indikator yang diharapkan dalam RKH, 5 anak atau 25% anak yang sudah mulai berkembang, dan 2 anak atau 10% anak yang belum berkembang. Kemudian meningkat lagi pada siklus II yaitu 12 anak atau 60% anak yang berkembang sangat baik, 5 anak atau 25% anak yang sudah berkembang sesuai harapan sesuai dengan indikator yang diharapkan dalam RKH, 2 anak atau 10% anak yang sudah mulai berkembang, dan 1 anak atau 5% anak yang belum berkembang. Bagi siswa yang belum berkembang sesuai harapan akan diberikan motivasi dan dilakukan bimbingan kembali oleh guru dan didampingi peneliti sehingga kemampuan sains anak melalui metode eksperimen dengan kegiatan bermain profesor cilik dapat meningkat dengan optimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Prof. Dr. Tukiran Taniredja, M.M. dan Melati Ismi Hapsari, M.Psi. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Sains, Metode Eksperimen, Bermain Profesor Cilik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 29 Sep 2017 02:56 |
Last Modified: | 29 Sep 2017 02:56 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |