BESTARI, SEFTIA (2017) EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI KELOMPOK A TK MUSLIMAT DIPONEGORO KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES SEMESTER GENAP TAHUN 2016-2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Seftia Bestari_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Seftia Bestari_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Seftia Bestari_BAB I.pdf]
Preview
Text
Seftia Bestari_BAB I.pdf

Download (633kB) | Preview
[thumbnail of Seftia Bestari_BAB II.pdf]
Preview
Text
Seftia Bestari_BAB II.pdf

Download (871kB) | Preview
[thumbnail of Seftia Bestari_BAB III.pdf] Text
Seftia Bestari_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Seftia Bestari_BAB IV.pdf] Text
Seftia Bestari_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Seftia Bestari_BAB V.pdf] Text
Seftia Bestari_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[thumbnail of Seftia Bestari_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Seftia Bestari_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (621kB) | Preview
[thumbnail of Seftia Bestari_LAMPIRAN.pdf] Text
Seftia Bestari_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar anak melalui pemberian reward pada peserta didik kelompok A TK Muslimat Diponegoro Kecamatan Salem Kabupaten Brebes Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen ini menggunakan True Eksperimen Desaign dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design.
Teknik yang digunakan yaituPurposive Sample atau Sempel Bertujuan karena dipilih berdasarkan tujuan peneliti kemudian, diberi pretest untuk kelompok eksperimen yang berjumlah 22 anak dan kelompok kontrol yang berjumlah 22 anak guna mengetahui keadaan awal terhadap motivasi belajar siswa tesnya sama disesuaikan dengan tema yang ada di sekolah. Selanjutnya kelompok eksperimen diberikan perlakuan (treatment) dan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan selanju dan masing masing kelompok eksperimen maupun kontrol diberikan postest untuk diuji perbedaannya begitu juga antara pretes dan postes pada masing-masing kelompok. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Dokumentasi berbentuk video, wawancara dan lembar angket motivasi belajar yang terdiri dari 21 item pernyataan yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Angket digunakan sebelum peserta didik memperoleh perlakuan (pada saat pretest) dan sesuadah siswa memperoleh perlakuan (pada saat postest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik non parametrik yang diuji dengan menggunakan rumus uji wiloxon signed rank test.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukanbahwa Ho di tolak dan Ha diterima. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata pada posttest setelah diberikan perlakuan. Pada kelompok eksperimen nilai rata-rata hasil posttest sebesar 87,10% dari 100% kebenaran sedangkan pada kelompok kontrol nilai rata-rata hasil posttest sebesar 47,57% dari 100% kebenaran, sehingga dapat disimpulkan pemberian reward dapat meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelompok A di TK Muslimat Diponegoro Kecamatan Salem Kabupaten Brebes.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Yuki Widiasari, S.Sos., M.A. dan Tatik Ariyati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemberian Reward, Motivasi Belajar, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:43
Last Modified: 29 Sep 2017 02:43
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4424

Actions (login required)

View Item View Item