ROBBANI, YUSUF INSAN (2017) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS V MIMUHAMMADIYAH SIDABOWA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of YUSUF INSAN COVER.pdf]
Preview
Text
YUSUF INSAN COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of YUSUF INSAN BAB I.pdf]
Preview
Text
YUSUF INSAN BAB I.pdf

Download (668kB) | Preview
[thumbnail of YUSUF INSAN BAB II.pdf]
Preview
Text
YUSUF INSAN BAB II.pdf

Download (774kB) | Preview
[thumbnail of YUSUF INSAN BAB III.pdf] Text
YUSUF INSAN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB)
[thumbnail of YUSUF INSAN BAB IV.pdf] Text
YUSUF INSAN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of YUSUF INSAN BAB V.pdf] Text
YUSUF INSAN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[thumbnail of YUSUF INSAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
YUSUF INSAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB) | Preview
[thumbnail of YUSUF INSAN LAMPIRAN.pdf] Text
YUSUF INSAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sikap rasa ingin tahu
peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Sidabowa sehingga berdampak pada
rendahnya prestasi belajar IPA. Tujuan penelitian yakni untuk meningkatkan rasa
ingin tahu dan prestasi belajar IPA pada materi bumi dan alam semesta sub materi
peristiwa alam dan kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi
dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Subyek penelitian
adalah seluruh peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Sidabowa dengan
jumlah peserta didik laki-laki 10 dan perempuan 7. Penelitian ini merupakan jenis
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masingmasing
siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus
meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi pendidik dan peserta didik,
lembar evaluasi dan skala sikap untuk peserta didik. hasil penelitian pada siklus I
menunjukkan rata-ratasikap rasa ingin tahu 2,5 dengan kriteria baik, dan
persentase ketuntasan belajar 62,75% dengan kriteria baik dan hasil penelitian
pada siklus II menunjukkan rata-rata sikap rasa ingin tahu 3,52 dengan kriteria
baik sekali dan persentase ketuntasan belajar 88,38 dengan kriteria baik sekali.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis
masalah dapat meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA kelas
V MI Muhammadiyah Sidabowa materi bumi dan alam semesta sub materi
peristiwa alam dan kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sri Harmianto M.Pd., dan Badarudin, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Sikap Rasa Ingin Tahu; Prestasi Belajar; IPA; Model Pembelajaran Berbasis Masalah;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 27 Sep 2017 03:08
Last Modified: 07 Jan 2025 03:03
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4401

Actions (login required)

View Item View Item