PRAYOGA, RICKY STIADI (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS ADOBE FLASH TEMA KERAJINAN TANGAN TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 3 SD NEGERI 3 PAGERAJI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of RICKY STIADI COVER.pdf]
Preview
Text
RICKY STIADI COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of RICKY STIADI BAB I.pdf]
Preview
Text
RICKY STIADI BAB I.pdf

Download (674kB) | Preview
[thumbnail of RICKY STIADI BAB II.pdf]
Preview
Text
RICKY STIADI BAB II.pdf

Download (788kB) | Preview
[thumbnail of RICKY STIADI BAB III.pdf] Text
RICKY STIADI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[thumbnail of RICKY STIADI BAB IV.pdf] Text
RICKY STIADI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[thumbnail of RICKY STIADI BAB V.pdf] Text
RICKY STIADI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[thumbnail of RICKY STIADI DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
RICKY STIADI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (707kB) | Preview
[thumbnail of RICKY STIADI LAMPIRAN.pdf] Text
RICKY STIADI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Kendala pembelajaran di kelas rendah dalam pembelajaran tematik tema
kerajinan tangan adalah fasilitas penunjang pembelajaran seperti LCD dan
pengeras suara yang tidak berfungsi secara maksimal. Penelitian ini menggunakan
media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran untuk membantu lancarnya
proses pembelajaran dalam penggunaan fasilitas, khususnya dalam sikap ilmiah
dan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian Kuasi Eksperimen yang
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio
visual berbasis adobe flash terhadap prestasi belajar dan sikap ilmiah siswa tema
kerajinan tangan di kelas 3 SD Negeri 3 Pageraji. Media pembelajaran adalah
segala hal di sekitar kita yang dirancang secara sistematis dan melalui
perencanaan, serta digunakan untuk menyampaikan pesan sehingga dapat
menambah pengetahuan, ketrampilan, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya. Media pembelajaran audio visual dapat lebih menarik perhatian siswa
karena terdiri atas berbagai macam gaya belajar siswa, yaitu gaya belajar visual
dan gaya belajar kinestetik, karena menggabungkan audio dan visual dalam satu
media. Adobe Flash adalah aplikasi multimedia yang tidak hanya digunakan
sebagai aplikasi web, melainkan dapat dikembangkan sebagai media pendidikan
dan pembelajaran. Tema Kerajinan Tangan terdiri dari pelajaran IPA, Matematika
dan Bahasa Indonesia. Tema ini menerangkan tentang berbagai sumber energi
yang berada di lingkungan. Sikap ilmiah merupakan proses pembentukan sikap
melalui pembiasaan, yaitu dengan menekankan pada proses peneguhan respon
anak. Prestasi belajar siswa merupakan hasil yang diperoleh berupa kesan-kesan
yang mengakibatkan perubahan dalam individu sebagian hasil dari aktivitas dalam
belajar. Penelitian ini menggunakan bentuk nonequivalent control group dengan
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian ini yaitu adalah
siswa kelas 3 SD Negeri 3 Pageraji yang telah di uji normalitas dan homogenitas.
Teknik pengumpulan data untuk prestasi belajar menggunakan post test, dan sikap
ilmiah menggunakan angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan telah
dianalisis sebelum digunakan penelitian. Penghitungan data menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil perhitungan prestasi belajar
menunjukkan thitung > ttabel atau 3,84 > 1,684 yang berarti Ho ditolak. Jadi media
pembelajaran audio visual berbasis adobe flash berpengaruh lebih baik terhadap
prestasi belajar siswa pada tema kerajinan tangan di kelas 3 SD Negeri 3 Pageraji.
Hasil perhitungan sikap ilmiah menunjukkan thitung < ttabel atau 0,8 < 1,684 yang
berarti Ho diterima. Jadi media pembelajaran audio visual berbasis adobe flash
tidak berpengaruh lebih baik terhadap sikap ilmiah pada mata pelajaran IPA
materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas 3 SD Negeri 3 Pageraji.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Badarudin, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash; Media Pembelajaran Audio Visual; Nonequivalent Control Group; Prestasi Belajar; Sikap Ilmiah;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 27 Sep 2017 01:54
Last Modified: 11 Dec 2024 05:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4393

Actions (login required)

View Item View Item