PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN MELALUI BIMBINGAN DALAM PENANGANAN KEBIASAAN MENYONTEK DI SEKOLAH DASAR

RAHMAWATI, NURTRIANA (2017) PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN MELALUI BIMBINGAN DALAM PENANGANAN KEBIASAAN MENYONTEK DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NUR TRIANA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR TRIANA BAB I.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR TRIANA BAB II.pdf

Download (825kB) | Preview
[img] Text
NUR TRIANA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
NUR TRIANA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] Text
NUR TRIANA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img]
Preview
Text
NUR TRIANA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text
NUR TRIANA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk melihat penanaman pendidikan karakter kejujuran melalui bimbingan dalam penanganan kebiasaan menyontek di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dalam penelitina ini yaitu dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction, data display, and conclusion drawing/verification, sedangkan untuk pengujian keabsahan dalam penelitian menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif dapat diambil kesimpulan bahwa. 1) Penanaman pelaksanaan pendidikan karakter kejujuran melalui bimbingan dalam penanganan kebiasaaan menyontek sudah di laksanakan. 2) Ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa tidak jujur yaitu berasal dari faktor lingkungan keluarga, karena di dalam lingkungan keluarga siswa mendapatkan banyak pembelajaran dari orang tua atau orang terdekat. Selain itu ada faktor lain yang menyebabkan anak tidak jujur antara lain a. Kurangnya rasa percaya diri yang ada dalam siswa untuk mengungkapkan perasaan, b. Sudah terbiasa berbicara tidak jujur dari lingkungan keluarga, c. Takut terkena hukuman apabila berkata jujur, d. Takut dimarahi oleh guru atau orang tua apabila berkata jujur, e. Diajarkan berbohong oleh orang tua 3) Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab siswa melakukan tindakan mencontek, diantaranya kurang tegasnya aturan larangan mencontek, pola didik orang tua, masih malasnya siswa untuk belajar terutama membaca serta kenakalan siswa menjadi beberapa faktor yang menyebabkan perilaku mencontek menjadi kebiasaan. 4) Kendala yang di jumpai dalam pelaksanaan pendidikan karakter kejujuran melalui bimbingan menyontek di sekolah dasar khususnya di SD N 2 Kembaran Kulon yaitu kurang tegasnya peringatan atau aturan yang di berikan agar anak jera tidak melakukan tindakan menyontek tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sony Iriyanto M.Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn., MA.,
Uncontrolled Keywords: Penelitian; Pendidikan Karakter; Mencontek; Faktor Penyebab;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 27 Sep 2017 01:41
Last Modified: 27 Sep 2017 01:42
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4391

Actions (login required)

View Item View Item