UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING MATERI DAUR AIR KELAS VB SD NEGERI JIPANG

MARTIANI,, INTAN (2017) UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING MATERI DAUR AIR KELAS VB SD NEGERI JIPANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (792kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Sikap percaya diri yang dimiliki siswa kelas VB SD Negeri Jipang masih rendah, hal ini diketahui pada saat observasi dan wawancara terhadap guru menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang malu ketika harus menyampaikan pendapatnya dan tidak berani bertanya kepada guru apabila siswa kurang memahami materi belum dimengerti. Rasa percaya diri yang rendah sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa yaitu terlihat masih banyak siswa yang belum memenuhi KKM pembelajaran IPA yaitu sebesar 66. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa kelas VB SD Negeri Jipang pada mata pelajaran IPA materi daur air menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa karena siswa akan dituntut lebih aktif dan dapat melakukan penemuan sendiri yang tentunya dengan bantuan guru. Tahapan dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing yaitu siswa merumuskan masalah atau pertanyaan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan memberikan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data dan yang terakhir membuat kesimpulan sementara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran (2x35 menit). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui tes, observasi, dan angket. Data sikap percaya diri siswa diperoleh dari angket sikap percaya diri, prestasi belajar diperoleh dari tes evaluasi, sedangkan observasi guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi. Hasil penelitian sikap percaya diri siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 2,38 yang termasuk dalam kriteria cukup baik. Sikap percaya diri siswa yang masih rendah pada siklus I dikarenakan siswa masih malu ketika menyampaikan pendapatnya ataupun bertanya dan tidak berani untuk maju. Hasil angket sikap percaya diri siswa pada siklus II memperoleh rata-rata 3,27 yang termasuk dalam kriteria baik. Pada siklus II sikap percaya diri siswa sudah mulai lebih baik yaitu terlihat ketika mengikuti kegiatan pembelajaran siswa sudah mulai banyak bertanya dan menyampaikan pendapatnya serta lebih berani maju didepan teman dan gurunya. Hasil prestasi belajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 63,4 dan ketuntasan mencapai 45 % dengan kriteria kurang sekali. Hasil prestasi belajar pada siklus II diperoleh rata-rata 76,77 dan ketuntasan mencapai 90% dengan kriteria sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa kelas VB SD Negeri Jipang materi daur air.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si, dan Yudha Febrianta, M.Or,
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, IPA, Prestasi Belajar, Sikap Percaya Diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 26 Sep 2017 06:49
Last Modified: 26 Sep 2017 06:49
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4379

Actions (login required)

View Item View Item