UPAYA MENINGKATKAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PANTUN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING CHIPS (KANCING GEMERINCING) DI KELAS IV SD NEGERI 2 LESMANA

NUGROHO,, HENU PAWITRA (2017) UPAYA MENINGKATKAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PANTUN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING CHIPS (KANCING GEMERINCING) DI KELAS IV SD NEGERI 2 LESMANA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (959kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Negeri 2 Lesmana ini dilakukan untuk meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis pantun melalui strategi pembelajaran Talking Chips (Kancing Gemerincing). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Lesmana yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pada setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini pengumpulan datanya diambil dari lembar angket kerja keras, lembar evaluasi, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan di kelas IV SD Negeri 2 Lesmana, diperoleh hasil bahwa penerapan pembelajaran Talking Chips (Kancing Gemerincing) dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar siswa. Kerja keras pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan 65,37% (baik) dan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan 83,79% (sangat baik). Perolehan persentase prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis pantun pada siklus I sebesar 57,89% (baik) dan meningkat pada siklus II dengan presentase 86,84% (baik sekali). Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 2 Lesmana yang menggunakan pembelajaran Talking Chips (Kancing Gemerincing) dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar Bahasa Indonesia materi menulis pantun.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D, dan Okto Wijayanti, S.Pd., M.A,
Uncontrolled Keywords: Kerja Keras, Prestasi Belajar Siswa, Bahasa Indonesia, Strategi Pembelajaran Talking Chips (Kancing Gemerincing)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 26 Sep 2017 05:58
Last Modified: 26 Sep 2017 05:58
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4373

Actions (login required)

View Item View Item