NURHIDAYATI,, ENI (2017) PERSEPSI GURU MENGENAI KEBIJAKAN FULL DAY SCHOOL (5 HARI SEKOLAH) DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (741kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (809kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (722kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kondisi degradasi moral melatarbekakangi pemerintah melakukan revolusi mental terutama pada penguatan karakter. Kebijakan full day school (5 hari sekolah) merupakan gagasan terbaru yang digagas oleh pemerintah Indonesia sebagai suatu bentuk model pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi guru mengenai wacana penerapan program full day school. Partisipan penelitian ini terdiri dari 3 guru yang berasal dari SDN 1 Kranji, SDN 1 Cilongok dan SDN 4 Kotayasa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Validasi penelitian ini dengan membuat deskripsi yang kaya dan padat mengenai hasil penelitian serta menerapkan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan dari 3 partisipan yang diwawancarai, 2 diantaranya menyatakan kurang setuju dengan penerapan full day school dan hanya satu orang yang menyatakan setuju jika full day school dilaksanakan. Adapun persepsi guru mengenai program full day school dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menjadi pertimbangan diantaranya 1) Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), 2) Kesiapan Siswa, 3) Kesiapan Sekolah, 4) Kesiapan Orang Tua.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Dhi Bramasta, S.Si, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Model Pendidikan Karakter, Kebijakan Full Day School, Persepsi Guru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2017 05:39
Last Modified: 25 Nov 2024 06:59
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4371

Actions (login required)

View Item View Item