NURHIDAYATI,, ENI (2017) PERSEPSI GURU MENGENAI KEBIJAKAN FULL DAY SCHOOL (5 HARI SEKOLAH) DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (741kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (809kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (972kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (722kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kondisi degradasi moral melatarbekakangi pemerintah melakukan revolusi mental terutama pada penguatan karakter. Kebijakan full day school (5 hari sekolah) merupakan gagasan terbaru yang digagas oleh pemerintah Indonesia sebagai suatu bentuk model pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi guru mengenai wacana penerapan program full day school. Partisipan penelitian ini terdiri dari 3 guru yang berasal dari SDN 1 Kranji, SDN 1 Cilongok dan SDN 4 Kotayasa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Validasi penelitian ini dengan membuat deskripsi yang kaya dan padat mengenai hasil penelitian serta menerapkan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan dari 3 partisipan yang diwawancarai, 2 diantaranya menyatakan kurang setuju dengan penerapan full day school dan hanya satu orang yang menyatakan setuju jika full day school dilaksanakan. Adapun persepsi guru mengenai program full day school dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menjadi pertimbangan diantaranya 1) Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), 2) Kesiapan Siswa, 3) Kesiapan Sekolah, 4) Kesiapan Orang Tua.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Dhi Bramasta, S.Si, M.Pd, |
Uncontrolled Keywords: | Model Pendidikan Karakter, Kebijakan Full Day School, Persepsi Guru. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 05:39 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 06:59 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |