RAHAYU,, EKA (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BILANGAN ROMAWI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (539kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (778kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (603kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
Media merupakan salah satu alat penunjang dalam proses pembelajaran
didalam kelas, namun media yang digunakan pada saat ini masih kurang
maksimal. Penulis telah mengembangkan media permainan ular tangga bilangan
roma
wi di kelas IV Sekolah Dasar, menggunakan model
Research and
Develompent
(R & D) yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui bentuk
pengembangan media permainan ular tangga bilangan romawi, 2) Mengetahui
kelayakan pengembangan media permainan ular tangga bilangan romawi. 3)
Mengetahui pengaruh media permainan ular tangga bilangan romawi terhadap
prestasi belajar siswa. 4) Mengetahui respon guru terhadap pengembangan media
permainan ular tangga bilangan romawi. 5) Mengetahui respon siswa terhadap
pengembangan media permainan ular tangga bilangan romawi. Populasi yang
digunakan sebanyak 2 kelas yang terdiri dari 16 siswa kelas IV A dan 20 siswa
kelas IV B SD N 1 Kutasari, di UPK Baturraden. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes (
prettest
dan
posttest
) dan non tes yaitu validitas ahli, angket
respon penilaian guru, angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan hasil
bahwa 1) penggunaan media pembelajaran di SD N 1 Kutasari masih belum
optimal, 2) pengembangan media permainan ular tangga bilangan romawi
dinyatakan valid oleh dua validator, 3) media permainan ular tangga bilangan
romawi menarik sehingga dapat membuat siswa antusias dan aktif dalam
mengikuti pembelajaran, 4) penilaian guru sangat baik terhadap pengembangan
media permainan ular tangga bilangan romawi, 5) Respon siswa positif terhadap
pengembangan media permainan ular tangga bilangan romawi, 6) pengembangan
media permainan ular tangga bilangan romawi materi lambang bilangan romawi
berpengaruh baik terhadap prestasi belajar siswa dapat dilihat melalui hasil uji
hipotesis menggunakan Uji
Mann Whitney
yaitu -0,468
.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Cicih Wiarsih, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran matematika, media permaian ular tangga, materi lambang bilangan romawi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 01:42 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 02:52 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |