SETIANINGRUM, INTAN (2017) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERISTIWA ALAM BESERTA DAMPAKNYA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING KELAS V SD NEGERI 1 PERNASIDI. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
COVER_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
BAB I_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf

Download (709kB) | Preview
[thumbnail of BAB II_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
BAB II_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf

Download (795kB) | Preview
[thumbnail of BAB III_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf] Text
BAB III_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[thumbnail of BAB IV_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf] Text
BAB IV_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf] Text
BAB V_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf

Download (727kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf] Text
LAMPIRAN_INTAN SETIANINGRUM_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Sikap tanggung jawab dan prestasi belajar yang dimiliki siswa kelas V SD
Negeri 1 Penasidi rendah. Rendahnya tanggung jawab dan prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Negeri 1 Pernasidi menunjukan adanya
indikasi terhadap rendahnya tanggung jawab dan prestasi belajar yang dimiliki
oleh siswa, hal ini diketahui pada saat observasi terhadap guru menunjukan bahwa
terdapat siswa yang mencontek hasil pekerjaan temannya, apabila diberikan tugas
tidak langsung dikerjakan, serta tidak melaksanakan tugas piket secara teratur.
Hasil yang diperoleh pada saat observasi terhadap pembelajaran tahun 2015/2016
juga menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam meningkatkan prestasi
belajar IPA karena 50% dari jumlah kesuluruhan siswa kelas V masih belum
mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minumum, padahal KKM yang ditetapkan
hanya 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi peristiwa alam beserta
dampaknya dengan menggunakan metode discovery learning di kelas V SD
Negeri 1 Pernasidi. Pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode
discovery learning akan mengakibatkan peserta didik lebih aktif dan kreatif dalam
memecahkah masalahnya sendiri. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD
Negeri 1 Pernasidi yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2
kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi.
Alat pengumpulan data yang digunakan unuk memperoleh data sikap tanggung
jawab yaitu dengan menggunakan lembar angket, sedangkan untuk memperoleh
data prestasi belajar dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi yang
diberikan pada setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, sikap
tanggung jawab siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 2,49 sedangkan untuk
prestasi belajarnya diperoleh ketuntasan belajar sebesar 55,55%. Hasil penelitian
sikap tanggung jawab siswa pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 3,26
sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh ketuntasan belajar sebesar 88,88%.
Sikap tanggung jawab dan prestasi belajar IPA menggunakan metode discovery
learning pada siklus I ke siklus II dapat meningkat karena siswa sudah dapat
menyelesaikan tugas yang dibegikan guru secara mandiri dan tepat waktu. Peran
serta aktif dalam mengajukan usulan saat kegiatan penemuan membuat siswa
dapat melakukan penemuan sendiri, analisis sendiri serta menyimpulkan sendiri
atas hasil temuannya terhadap permasalahan yang belum dipahami. Simpulan
dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan
metode discovery learning dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi
belajar IPA.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Arifin Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, IPA, Prestasi, Tanggung Jawab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 20 Sep 2017 02:47
Last Modified: 05 Feb 2025 02:07
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4299

Actions (login required)

View Item View Item