SUNDARI, LAELI (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP DI KELAS IV SD N 1 KARANGGUDE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER_LAELI SUNDARI_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
COVER_LAELI SUNDARI_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I_LAELI SUNDARI_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
BAB I_LAELI SUNDARI_PGSD'17.pdf

Download (608kB) | Preview
[thumbnail of BAB II_LAELI SUNDARI_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
BAB II_LAELI SUNDARI_PGSD'17.pdf

Download (816kB) | Preview
[thumbnail of BAB III_LAELI SUNDARI_PGSD'17.pdf] Text
BAB III_LAELI SUNDARI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[thumbnail of BAB IV_LAELI SUNDARI_PGSD'17.pdf] Text
BAB IV_LAELI SUNDARI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V_LAELI SUNDARI_PGSD'17.pdf] Text
BAB V_LAELI SUNDARI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_LAELI SUNDARI_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_LAELI SUNDARI_PGSD'17.pdf

Download (619kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_LAELI SUNDARI_PGSD'17.pdf] Text
LAMPIRAN_LAELI SUNDARI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilandasi permasalahan yang ada di kelas IV
SD N 1 karanggude yaitu rendahnya sikap tanggung jawab dan prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi. Tanggung jawab
siswa dalam pembelajaran IPS masih rendah karena siswa kurang fokus dalam
pembelajaran sehingga siswa lebih suka bermain sendiri dan mengobrol dengan
temannya dibandingkan mengerjakan tugas yang diberikan guru. Rendahnya
prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada nilai Ulangan
Tengah Semester I mata pelajaran IPS kelas IV tahun ajaran 2015/2016, beberapa
siswa masih berada di bawah KKM. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut
yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stay
berbantu media pembelajaran Pop Up pada proses pembelajaran IPS. Kelebihan
dari model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray adalah setiap siswa
memiliki tugas masing-masing dalam diskusi sehingga siswa harus bertanggung
jawab dengan tugas yang diberikan. Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay
Two Stray juga melibatkan siswa untuk dapat berdiskusi dengan kelompok lain
sehingga siswa dapat mencari informasi dari kelompok lain. Tujuan dari penelitian
ini yaitu untuk meningkatkan sikap tanggung jawab siswa dan prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi,
dan Transportasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray
(Dua Tinggal Dua Tamu) dengan bantuan media pembelajaran Pop Up. Jenis
Penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, satu
siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD
N 1 Karanggude dengan jumlah siswa 22. Tahapan kegiatan setiap siklus terdiri
atas perencanaan (planning), Pelaksanaan tindakan (action), Observasi (observing)
dan Refleksi (Reflecting). Pengumpulan data sikap tanggung jawab siswa dengan
menggunakan lembar skala sikap tanggung jawab siswa sedangkan untuk
mengumpulkan data prestasi belajar siswa dengan menggunakan lembar evaluasi
yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Data yang diperoleh dalam peneletian
yaitu, sikap tanggung jawab siswa pada siklus I diperoleh 4.08% dan pada siklus II
sebesar 4,59% sedangkan prestasi belajar pada siklus I diperoleh sebesar 77,27%
dan siklus II sebesar 91%. Meningkatnya sikap tanggung jawab dan prestasi belajar
siswa dilihat ketika diadakan diskusi kelompok siswa lebih bertanggung jawab
terhadap tugas yang diberikan tanpa saling mengandalkan teman yang lebih pintar,
berani mengungkapkan pendapat, tidak bermain sendiri dan prestasi belajar dapat
dilihat dari hasil evaluasi pada setiap akhir pembelajaran siswa mengalami
peningkatan. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran kooperatif tipe Two
Stay Two Stray dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar
siswa pada pembelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi,
Komunikasi dan Transportasi pada kelas IV SD N 1 Karanggude.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Tri Yuliansyah Bintaro M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap Tanggung Jawab, Prestasi Belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 20 Sep 2017 00:48
Last Modified: 20 Sep 2017 00:52
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4283

Actions (login required)

View Item View Item