PRIMAVERA, INDRI (2017) PERAN UPACARA BENDERA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN, TANGGUNG JAWAB DAN SEMANGAT KEBANGSAAN PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif Analisis di SD Negeri 1 Lesmana). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_INDRI PRIMAVERA_PGSD'17.pdf Download (864kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_INDRI PRIMAVERA_PGSD'17.pdf Download (672kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_INDRI PRIMAVERA_PGSD'17.pdf Download (716kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_INDRI PRIMAVERA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) |
![]() |
Text
BAB IV_INDRI PRIMAVERA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) |
![]() |
Text
BAB V_INDRI PRIMAVERA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_INDRI PRIMAVERA_PGSD'17.pdf Download (664kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_INDRI PRIMAVERA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang peran
Upacara Bendera dalam membentuk karakter disiplin, tanggung jawab, dan
semangat kebangsaan peserta didik. Partisipan dari penelitian ini terdiri dari
kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat
deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Upacara
bendera berperan dalam membentuk katakter peserta didik yaitu karakter disiplin,
tanggung jawab dan semangat kebangsaan. Bagian pelaksanaan upacara yang
menunjukkan karakter disiplin yaitu pada saat mendengarkan Amanat dan baris
berbaris, Karakter semangat kebangsaan yaitu pada saat menyayikan lagu wajib
nasional dan mengheningkan cipta. Pembentukan karakter disiplin meliputi
disiplin waktu dan berpakaian. Karakter tanggung jawab meliputi petugas upacara
bendera melaksanakan tugas dengan sungguh-sunguh, serta peserta upacara
mengikuti upacara bendera dengan rapi, tertib dan khidmat. Karakter semangat
kebangsaan meliputi mengikut sertakan peserta didik dalam kegiatan upacara hari
besar nasional dan memaknai lagu wajib nasional. Kendala yang dihadapi dalam
pembentukan karakter peserta didik yaitu faktor cuaca, kesehatan peserta didik
dan pengkondisian peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala
pembentukan karakter melalui upacara bendera adalah membersihkan genangan
air, menghimbau peserta didik untuk sarapan sebelum berangkat ke sekolah dan
mengkondisikan peserta didik menggunakan pengeras suara.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Sri Muryaningsih, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Upacara Bendera, Karakter disiplin, karakter Tanggung Jawab, karakter semangat kebangsaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 20 Sep 2017 00:34 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 06:15 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4281 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |