RIZQI MUJI PRISNAINI (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCL E BERBANTUAN APLIKASI CABRI 3D DIKELAS VIII F SMP MUHAMMADIYAH AJIBARANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of RIZQI- COVER.pdf]
Preview
Text
RIZQI- COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RIZQI- BAB I.pdf]
Preview
Text
RIZQI- BAB I.pdf

Download (693kB) | Preview
[thumbnail of RIZQI- BAB II.pdf]
Preview
Text
RIZQI- BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RIZQI- BAB III.pdf]
Preview
Text
RIZQI- BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RIZQI- BAB IV.pdf] Text
RIZQI- BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of RIZQI- BAB V.pdf]
Preview
Text
RIZQI- BAB V.pdf

Download (607kB) | Preview
[thumbnail of RIZQI- BAB -DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
RIZQI- BAB -DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (822kB) | Preview
[thumbnail of RIZQI- BAB - LAMPIRAN.pdf] Text
RIZQI- BAB - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa
pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar dengan model pembelajaran
Learning Cycle berbantuan aplikasi Cabri 3D di SMP Muhammadiyah Ajibarang.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Muhamadiyah Ajibarang
yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan
yaitu 2 jam pada pertemuan pertama untuk menyampaikan materi, 2 jam pada
pertemuan kedua untuk menyampaikan materi kemudian 1 jam terakhir untuk tes
evaluasi. Setiap siklus dalam penelitian ini dimulai dari perencanaan tindakan,
pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data
yang dilakukan peneliti yaitu observasi dan tes kemampuan spasial matematika
siswa. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan spasial siswa siklus I diperoleh
nilai rata
-rata 67,50, siklus II diperoleh nilai rata-rata 79,06 dan siklus III
diperoleh nilai rata-rata 85,00. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini
adalah pembelajaran menggunakan model Learning Cycle berbantuan aplikasi
Cabri 3D dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa kelas VIII F SMP
Muhammadiyah Ajibarang khususnya pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi
Datar. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya nilai rata-rata tes kemampuan
spasial siswa setiap siklusnya.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Drs. JokoPurwanto, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Spasial, model Learning Cycle , Cabri 3D
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:54
Last Modified: 19 Sep 2017 02:54
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4232

Actions (login required)

View Item View Item