INSANI, NINDA NILA (2017) PERSEPSI GURU TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMP AL-HIKMAH 02 BENDA SIRAMPOG KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Ninda Nila Insani COVER.pdf]
Preview
Text
Ninda Nila Insani COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Ninda Nila Insani BAB I.pdf]
Preview
Text
Ninda Nila Insani BAB I.pdf

Download (724kB) | Preview
[thumbnail of Ninda Nila Insani BAB II.pdf]
Preview
Text
Ninda Nila Insani BAB II.pdf

Download (784kB) | Preview
[thumbnail of Ninda Nila Insani BAB III.pdf] Text
Ninda Nila Insani BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[thumbnail of Ninda Nila Insani BAB IV.pdf] Text
Ninda Nila Insani BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[thumbnail of Ninda Nila Insani BAB V.pdf] Text
Ninda Nila Insani BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[thumbnail of Ninda Nila Insani DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Ninda Nila Insani DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (652kB) | Preview
[thumbnail of Ninda Nila Insani LAMPIRAN.pdf] Text
Ninda Nila Insani LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Setiap sekolah di Indonesia semuanya hampir memiliki kasus
bullying. Kasus bullying mengalahkan bentuk kekerasaan tawuran di sekolah. Komisi
Perlindungan Anak Indonesia menyebutkan dari tahun 2011 sampai 2014 tercatat ada
369 pengaduan. Jumlah tersebut 25% berisi pengaduan di bidang pendidikan
sebanyak 1.480 kasus.
Tujuan: Bagaimanakah persepsi guru terhadap perilaku bullying pada anak SMP
AL-HIKMAH 02 Benda Sirampog Brebes.
Metode: Jenis penelitian deskripsif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.
Informan dalam penelitian ini adalah 5 guru SMP Al-Hikmah 02 Benda Sirampog
Brebes. Pengambilan data dengan metode wawancara secara mendalam. Analisis data
menggunakan softwere MAXQDA 11.
Hasil: Hasil analisis diperoleh bahwa guru berpersepsi teradap perilaku bullying yaitu
perilaku kekerasaan yang dilakukan oleh sekolompok siswa ataupun individu.
Perilaku bullying disebabkan karena beberapa faktor yaitu kurangnya pemantuan atau
kontrol orang tua, kondisi keluarga dan faktor pergaulan. Penanganan yang telah
dilakukan oleh guru dan sekolah untukmengatasi perilaku bullying yaitu memanggil
siswa, memberikan pemahaman kepada siswa, memotivasi siswa, memanggil orang
tua dan membuat aturan yang sesuai dengan aturan pesantren.
Kesimpulan: Persepsi guru terhadap perilaku bullying yaitu perilaku kekerasaan
yang dilakukan oleh sekolompok siswa ataupun individu.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Ns. Dayat Trihadi, S.Kep.,M.Kep.,Sp.Kep.J
Uncontrolled Keywords: Guru, Perilaku Bullying, Persepsi, Siswa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan S1
Depositing User: Yuni Sri Subkhaini
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:58
Last Modified: 05 Sep 2024 02:10
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4231

Actions (login required)

View Item View Item