PINTA TIKASARI (2017) PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMP SE-GUGUS KUTASARI PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of PINTA TIKASARI - cover.pdf]
Preview
Text
PINTA TIKASARI - cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PINTA TIKASARI - BAB I.pdf]
Preview
Text
PINTA TIKASARI - BAB I.pdf

Download (697kB) | Preview
[thumbnail of PINTA TIKASARI - BAB II.pdf]
Preview
Text
PINTA TIKASARI - BAB II.pdf

Download (735kB) | Preview
[thumbnail of PINTA TIKASARI - BAB III.pdf]
Preview
Text
PINTA TIKASARI - BAB III.pdf

Download (620kB) | Preview
[thumbnail of PINTA TIKASARI - BAB IV.pdf] Text
PINTA TIKASARI - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of PINTA TIKASARI - BAB V.pdf] Text
PINTA TIKASARI - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[thumbnail of PINTA TIKASARI - DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
PINTA TIKASARI - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (602kB) | Preview
[thumbnail of PINTA TIKASARI- LAMPIRAN.pdf] Text
PINTA TIKASARI- LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

VIII
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn) dalam mengembangkan karakter religius peserta didik di
SMP se
-gugus Kutasari Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data
yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Subjek dalam
penelitian ini adalah guru PKn dan peserta didik di SMP se-gugus Kutasari
Purbalingga
yang terdiri dari SMP Negeri 1 Kutasari, SMP Negeri 2 Kutasari,
SMP Negeri 3 Kutasari, dan SMP Negeri 4 Kutasari
. Validitas data men
ggunakan
perpanjangan observasi atau pengamatan, triangulasi, bahan referensi, dan
member
check.
Sedangkan teknik analisis data dengan melakukan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa
peran pembelajaran PK
n dapat mengembangkan karakter religius peserta didik di
antaranya beriman, bertakwa, berakhlak mulia, kejujuran, toleransi antar dan
antara umat beragama
dengan disisipkan nilai
-nilai religius disetiap pembelajaran
kepada peserta didik berupa nasihat dan
motivasi dari guru. Guru juga mengaitkan
karakter religius dengan materi
-materi pembelajaran seperti pada pembahasan
sikap positif terhadap Pancasila, mengenai norma
-norma, korupsi, dan Hak Asasi
Manusia. Metode pembelajaran yang digunakan pada materi ters
ebut berupa
ceramah, diskusi, pemecahan masalah, dan pembelajaran nilai. Media yang
digunakan yaitu gambar dan video. Evaluasinya untuk akhlak mulia dan kejujuran
berdasarkan aspek afektif peserta didik dilihat dari perilakunya, kejujurannya

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1.Prof. Dr. H. Tukiran Taniredja, M.M,2.Eko Priyanto, M. Pd,
Uncontrolled Keywords: PKn, Karakter religius , Peserta Didik .
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S1
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:38
Last Modified: 19 Sep 2017 02:38
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4225

Actions (login required)

View Item View Item