SETYAJI, MELA AYU (2017) PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH MELALUI MEDIA FLASHCARD DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KARANGLO. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
MELA AYU COVER.pdf Download (848kB) | Preview |
Preview |
Text
MELA AYU BAB I.pdf Download (573kB) | Preview |
Preview |
Text
MELA AYU BAB II.pdf Download (773kB) | Preview |
![]() |
Text
MELA AYU BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (822kB) |
![]() |
Text
MELA AYU BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (909kB) |
![]() |
Text
MELA AYU BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
Preview |
Text
MELA AYU DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (484kB) | Preview |
![]() |
Text
MELA AYU LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan
prestasi belajar pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi melalui
strategi pembelajaran index card match menggunakan media flashcard. Subyek
dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Muhammadiyah Karanglo
yang berjumlah 19 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur
pelaksanaan, setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi, baik lembar observasi
aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, wawancara terhadap siswa dan
lembar evaluasi, data hasil prestasi belajar diperoleh dari tes evaluasi yang
dilaksanakan pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, sikap tanggung
jawab siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 2,83 dan pada siklus ke II diperoleh
rata-rata 2,95 dengan kenaikan 0,12 pada setiap siklusnya dan termasuk criteria
baik, sedangkan prestasi belajar pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 72,62
dengan ketuntasan belajar 63,6 %, dan siklus II diperoleh rata-rata nilai 73,89
dengan ketuntasan belajar 80,95 % dengan kesimpulan prestasi belajar mengalami
peningkatan sebesar 17,35%. Dengan demikian sikap tanggungjawab dan prestasi
belajar IPS dapat meningkat dengan strategi pembelajaran index card match.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Sri Muryaningsih, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Sikap TanggungJawab; Prestasi Belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS); Strategi index card match; Media Flashcard; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Riski Wismana |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 04:15 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 01:46 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4202 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |