SETYAJI, MELA AYU (2017) PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH MELALUI MEDIA FLASHCARD DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KARANGLO. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of MELA AYU COVER.pdf]
Preview
Text
MELA AYU COVER.pdf

Download (848kB) | Preview
[thumbnail of MELA AYU BAB I.pdf]
Preview
Text
MELA AYU BAB I.pdf

Download (573kB) | Preview
[thumbnail of MELA AYU BAB II.pdf]
Preview
Text
MELA AYU BAB II.pdf

Download (773kB) | Preview
[thumbnail of MELA AYU BAB III.pdf] Text
MELA AYU BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[thumbnail of MELA AYU BAB IV.pdf] Text
MELA AYU BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[thumbnail of MELA AYU BAB V.pdf] Text
MELA AYU BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[thumbnail of MELA AYU DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
MELA AYU DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB) | Preview
[thumbnail of MELA AYU LAMPIRAN.pdf] Text
MELA AYU LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan
prestasi belajar pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi melalui
strategi pembelajaran index card match menggunakan media flashcard. Subyek
dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Muhammadiyah Karanglo
yang berjumlah 19 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur
pelaksanaan, setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi, baik lembar observasi
aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, wawancara terhadap siswa dan
lembar evaluasi, data hasil prestasi belajar diperoleh dari tes evaluasi yang
dilaksanakan pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, sikap tanggung
jawab siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 2,83 dan pada siklus ke II diperoleh
rata-rata 2,95 dengan kenaikan 0,12 pada setiap siklusnya dan termasuk criteria
baik, sedangkan prestasi belajar pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 72,62
dengan ketuntasan belajar 63,6 %, dan siklus II diperoleh rata-rata nilai 73,89
dengan ketuntasan belajar 80,95 % dengan kesimpulan prestasi belajar mengalami
peningkatan sebesar 17,35%. Dengan demikian sikap tanggungjawab dan prestasi
belajar IPS dapat meningkat dengan strategi pembelajaran index card match.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Sri Muryaningsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Sikap TanggungJawab; Prestasi Belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS); Strategi index card match; Media Flashcard;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:15
Last Modified: 06 Feb 2025 01:46
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4202

Actions (login required)

View Item View Item