AZIZ, FIKRI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of FIKRI AZIZ COVER.pdf]
Preview
Text
FIKRI AZIZ COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of FIKRI AZIZ BAB I.pdf]
Preview
Text
FIKRI AZIZ BAB I.pdf

Download (726kB) | Preview
[thumbnail of FIKRI AZIZ BAB II.pdf]
Preview
Text
FIKRI AZIZ BAB II.pdf

Download (970kB) | Preview
[thumbnail of FIKRI AZIZ BAB III.pdf] Text
FIKRI AZIZ BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[thumbnail of FIKRI AZIZ BAB IV.pdf] Text
FIKRI AZIZ BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of FIKRI AZIZ BAB V.pdf] Text
FIKRI AZIZ BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[thumbnail of FIKRI AZIZ DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
FIKRI AZIZ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (703kB) | Preview
[thumbnail of FIKRI AZIZ LAMPIRAN.pdf] Text
FIKRI AZIZ LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran Advance Organizer berbantu media Ular
Tangga akan membuat siswa ikut aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran,
sehingga suasana pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan menyenangkan.
Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar hendaknya membuka keaktifan
siswa secara alamiah. Hal ini akan membantu siswa dalam mengembangkan
kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Apakah
model pembelajaran Advance Organizer berbantu media Ular Tangga dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia mempengaruhi kemampuan berbicara siswa; 2)
Apakah model pembelajaran Advance Organizer berbantu media Ular Tangga
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mempengaruhi keaktifan siswa. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent
Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa
kelas V Sekolah Dasar , sedangkan sampelnya adalah siswa dari kelas V A yang
berjumlah 19 siswa sebagai kelas kontrol dan V B yang berjumlah 19 siswa
sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan
lembar observasi, angket, dan test. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan rumus independent sample t-tes (uji t pihak kanan). Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh: 1) Hasil uji hipotesis pertama diperoleh nilai t hitung> t
tabel yaitu 2,402 > 2,028, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran
menggunakan model Advance Organizer berbantu media Ular Tangga terhadap
keaktifan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. (2) Hasil uji hipotesis
kedua diperoleh nilai nilai t hitung> t tabel atau 6,057 > 2,028 menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran menggunakan model Advance
Organizer berbantu media Ular Tangga terhadap kemampuan berbicara siswa
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan
pembelajaran model Advance Organizer berbantu media Ular Tangga
berpengaruh terhadap keaktifan dan kemampuan berbicara.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D, dan Okto Wijayanti, S.Pd., M.A.,
Uncontrolled Keywords: model Advance Organizer; media Ular Tangga; Bahasa Indonesia;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 18 Sep 2017 01:07
Last Modified: 13 Jun 2024 07:35
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4175

Actions (login required)

View Item View Item