ISTIQOMAH, NURUL (2017) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN SD MUHAMMADIYAH 07 RANDUDONGKAL SEBAGAI SEKOLAH BERMUTU DAN UNGGUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Nurul Istiqomah_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Nurul Istiqomah_BAB I.pdf Download (292kB) | Preview |
Preview |
Text
Nurul Istiqomah_BAB II.pdf Download (470kB) | Preview |
![]() |
Text
Nurul Istiqomah_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
![]() |
Text
Nurul Istiqomah_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
![]() |
Text
Nurul Istiqomah_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
Preview |
Text
Nurul Istiqomah_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) | Preview |
![]() |
Text
Nurul Istiqomah_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan SD Muhammadiyah 07 Randudongkal sebagai sekolah bermutu dan unggul. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisi data yang dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun Adapun teknik keabsahan data yang dilakukan yaitu menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah di sekolah yang dikategorikan sekolah swasta yang bermutu dan unggul di lingkungan SD Muhammadiyah 07 Randudongkal yang menggunakan tiga pendekatan kepemimpinan yaitu pendekatan sifat, pendekatan perilaku, dan pendekatan situasional. Terkait dengan hal itu kepemimpinan kepala sekolah di sekolah tersebut juga menggunakan tipe kepemimpinan yang karismatik dan demokratis. Hal ini terlihat dari cara kepala sekolah dalam menjalankan kepemimpinannya dengan penuh tanggung jawab, mampu berkomunikasi dengan siapapun, memberikan informasi maupun evaluasi yang baik, menganyomi, memotivasi kepada guru maupun peserta didiknya, tidak otoriter, bijaksana, memiliki rasa humor yang tinggi, memberi arahan dan memberikan contoh, memiliki inovasi bagi pengembangan sekolah. Profesionalisme kepala sekolah terwujud dalam empat kompetensi, diantaranya yaitu kepribadian, sosial, pendagogik, dan profesional. Kepala sekolah melaksanakan tugasnya sebagai Educator, Manager, Administrator, Supervisor, Leader, Enterpreneur dan Cimator maker. Kepala sekolah meningkatkan mutu sekolah dengan baik.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Profesionalisme Kepala Sekolah, Mutu Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 16 Sep 2017 03:29 |
Last Modified: | 16 Sep 2017 03:29 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4157 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |