NURLITA, RAVIKA DWI (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE TALKING CHIPS DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH PATIKRAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_RAVIKA DWI NURLITA_PGSD'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_RAVIKA DWI NURLITA_PGSD'17.pdf Download (722kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_RAVIKA DWI NURLITA_PGSD'17.pdf Download (756kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_RAVIKA DWI NURLITA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
![]() |
Text
BAB IV_RAVIKA DWI NURLITA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V_RAVIKA DWI NURLITA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_RAVIKA DWI NURLITA_PGSD'17.pdf Download (625kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_RAVIKA DWI NURLITA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan prestasi
belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model Talking Chips.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MI Muhammadiyah Patikraja yang terdiri
dari 19 siswa dengan 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus
terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dari tanggal 9
Mei 2017 sampai dengan 24 Mei 2017 diperoleh hasil yaitu sikap percaya diri
siswa pada silkus I memperoleh nilai rata-rata 3,43 dengan persentase 68,6% dan
terjadi peningkatan pada siklus II dengan perolehan nilai rata-rata 4,25 dengan
persentase 84,5%. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh
nilai rata-rata 63,15 dengan presentase 63% dan terjadi peningkatan pada siklus II
dengan perolehan nilai rata-rata 88,42 dengan presentase 88%. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Talking Chips dapat meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi
belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V di MI Muhammadiyah Patikraja.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Agung Nugroho, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Percaya Diri, Prestasi Belajar, IPS, Talking Chips |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 16 Sep 2017 03:22 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 02:04 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |