ALBANA, HASAN (2017) PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBANTU MEDIA KARTU SOAL MATERI GEOMETRI DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH PASIRMUNCANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
COVER_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
BAB I_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf

Download (720kB) | Preview
[thumbnail of BAB II_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
BAB II_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf

Download (900kB) | Preview
[thumbnail of BAB III_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf] Text
BAB III_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[thumbnail of BAB IV_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf] Text
BAB IV_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf] Text
BAB V_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf

Download (770kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf] Text
LAMPIRAN_HASAN ALBANA_PGSD'17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan prestasi
belajar siswa materi geometri menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Two Stay Two Stray berbantu media kartu soal. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Obyek dari penelitian ini
adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Pasirmuncang yang berjumlah 13
siswa. Terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen yang
digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes, angket
percaya diri, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Analisis datanya
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif
tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar
siswa pada materi geometri. Hal tersebut dapat dibuktikan percaya diri ditandai
dengan meningkatnya hasil angket percaya diri dari siklus I ke siklus II. Siklus I
jumlah skor 459 dan rata-rata 3,53 dengan kriteria percaya diri baik dan siklus II
mengalami peningkatan dengan jumlah skor 552,5 dan rata-rata 4,25 dengan
kriteria percaya diri sangat baik. Prestasi belajar dibuktikan dengan naiknya ratarata
dan persentase ketuntasan evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai ratarata
siklus I yaitu 72,84 dan ketuntasan klasikal 69,23% dan meningkat pada
siklus II dengan rata-rata 83,46 dan ketuntasan klasikal 84,61%.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Sri Muryaningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Prestasi Belajar, Two Stay Two Stray
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 16 Sep 2017 00:01
Last Modified: 21 May 2024 03:10
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4143

Actions (login required)

View Item View Item