HIDAYAT,, WAHYU (2017) MENINGKATKAN SIKAP PE RCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN PKN MATERI GLOBALISASI KELAS IV SD N 1 BANYUMUDAL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (754kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (852kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (729kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya sikap percaya diri dan prestasi
belajar siswa yang rendah pada
mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Sikap percaya diri siswa yang rendah ditunjukk
an
dengan rendahnya kemampuan
untuk berpendapat serta minimnya partisipasi siswa di kelas. Sedangkan prestasi
belajar siswa yang rendah ditunjukkan
dengan tingginya jumlah siswa yang belum
t
untas dalam pembelajaran PKn dengan nilai KKM 75. Tujuan penelitian adalah
untuk meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe
T
hink Pair Share
.
Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas
(PTK)
.
Subjek PTK adalah siswa
Kelas IV SD
N 1 Banyumudal
Kecamatan
Buayan yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki
-laki dan 18 siswa
perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 ( dua ) siklus. Masing
-masing siklus
terdiri dari dua pertemuan denga
n masing
-masing pertemua satu r
encana
pembelajaran.
Penelitian terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi
dan refleksi. Tindakan pada siklus I pertemuan I berupa pembelajaran dengan
model kooperatif tipe
Think Pair Share
dengan materi pembelajaran misi
kebudayaan internasional. Pertemuan ke I
I membahas mengenai kebudayaan
Indonesia yang mendunia. Tahap siklus ke II pertemuan ke I membahas mengenai
kebudayaaan yang ada di lingkungan tempat tinggal. Pertemuan II membahas
mengenai kebudayaan di Indonesia yang beragam.
Hasil penelitian menunjukkan
terjadinya peningkatan sikap percaya diri siswa pada siklus I sebesar 3,00 dengan
kriteria cukup baik, meningkat pada siklus ke II menjadi 4,30 dengan kriteria
sangat baik. Peningkatan prestasi belajar ditunju
k
kan dengan peningkatan
ketuntasan belajar den
gan presentase sebesar 42,68% menjadi 81,5%
dengan
ketuntasan
belajar minimal 80%. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan
pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Share
dapat meningkatkan sikap percaya
diri dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PKn
materi Globalisasi di k
elas
IV SD
N 1 Banyumudal Kecamatan Buayan, Kebumen
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ana Andrian, M.Pd., dan Badarudin, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Sikap Percaya Diri, prestasi belajar, Think Pair Share, dan PKn. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 07:15 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 02:47 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4139 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |