HIDAYAT,, DEDE LUTFI (2017) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS DI KELAS TINGGI SD N 1 SIDARATA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (619kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (878kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (727kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan pertama dan paling utama yang diberikan kepada peserta didik
adalah dari orang tua. Keberhasilan suatu pendidikan dapat dilihat dari perubahan
perilaku peserta didik dari buruk menjadi baik, dari baik menjadi lebih baik. Tinggi
rendahnya prestasi belajar yang diperoleh peserta didik dipengaruhi oleh dua faktor,
yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pengasuhan dari orang tua yang berbeda-
beda akan mengakibatkan peserta didik memiliki karakter yang beragam. Pola asuh
yang diterapkan orang tua juga dapat mengakibatkan perbedaan kebiasaan yang
dimiliki peserta didik. Hasil dari pengamatan yang dilakukan peneliti terhadap
peserta didik diperoleh fakta bahwa peserta didik belajar ketika akan ada ulangan
atau ujian saja. Kondisi tersebut diakibatkan karena kurangnya kontrol dan
pengawasan dari orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh
pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS peserta didik kelas tinggi SD N 1
Sidarata. (2) mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS
peserta didik kelas tinggi SD N 1 Sidarata. (3) mengetahui pengaruh pola asuh
orang tua dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS peserta didik kelas
tinggi SD N 1 Sidarata. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
metode
ex-post facto
. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas tinggi
SD N 1 Sidarata tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 78 peserta didik. Ukuran
sampel penelitian sebanyak 66 peserta didik atau sebanyak 84,61% dari jumlah
sampel yang ditentukan dengan rumus Taro Yamane, selanjutnya sampel setiap
kelas ditentukan dengan teknik
simple random sampling
, dengan sampel 30 peserta
didik laki-laki dan 36 peserta didik perempuan. Data penelitian dikumpulkan
menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan analisis regresi. Penelitian ini menggunakan taraf signifikansi 0,05,
dengan hasil sebagai berikut: hipotesis pertama diperoleh F
hitung
sebesar 55,69 >
3,99 (F
tabel
) dengan demikian H
0
ditolak. Pada hipotesis kedua diperoleh F
hitung
sebesar 63,53 > 3,99 (F
tabel
) dengan demikian H
0
ditolak. Pada hipotesis ketiga
diperoleh F
hitung
sebesar 56 > 3,15 (F
tabel
) dengan demikian H
0
ditolak. Hasil tersebut
dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh pola asuh orang
tua terhadap prestasi belajar IPS peserta didik kelas tinggi SD N 1 Sidarata, dengan
kontribusi sebesar 46,24%. (2) terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap
prestasi belajar IPS peserta didik kelas tinggi SD N 1 Sidarata, dengan kontribusi
sebesar 50,41%. (3) terdapat pengaruh pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar
terhadap prestasi belajar IPS peserta didik kelas tinggi SD N 1 Sidarata, dengan
kontribusi sebesar 64%.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.Pd., dan Dhi Bramasta, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Kebiasaan Belajar, dan Prestasi Belaja r.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2017 00:33
Last Modified: 20 Aug 2024 01:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4127

Actions (login required)

View Item View Item