CATURSARI, DESSELY (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA VIDEO DI KELAS V SDN PANAMBANGAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Dessely Catursari_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Dessely Catursari_JUDUL.pdf

Download (974kB) | Preview
[thumbnail of Dessely Catursari_BAB I.pdf]
Preview
Text
Dessely Catursari_BAB I.pdf

Download (759kB) | Preview
[thumbnail of Dessely Catursari_BAB II.pdf]
Preview
Text
Dessely Catursari_BAB II.pdf

Download (904kB) | Preview
[thumbnail of Dessely Catursari_BAB III.pdf] Text
Dessely Catursari_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)
[thumbnail of Dessely Catursari_BAB IV.pdf] Text
Dessely Catursari_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Dessely Catursari_BAB V.pdf] Text
Dessely Catursari_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[thumbnail of Dessely Catursari_DAFTAR PUSTAKAL.pdf]
Preview
Text
Dessely Catursari_DAFTAR PUSTAKAL.pdf

Download (687kB) | Preview
[thumbnail of Dessely Catursari_LAMPIRAN.pdf] Text
Dessely Catursari_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian
ini adalah meningkatnya sikap tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama di kelas V SD Negeri
Panambangan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning dengan berbantu media video. Subjek pada penelitian ini adalah siswa
kelas V SD Negeri Panambangan dengan jumlah 29 siswa. Penelitian tindakan
kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Langkah-langkah penelitian ini mengacu
pada langkah-langkah Kemmis dan Mc. Taggart. Prosedur pelaksanaan pada
setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan
data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas
siswa, angket skala sikap, lembar evaluasi dan lembar wawancara. Hasil observasi
aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 3,08 dengan kriteria baik dan
pada siklus II yaitu 3,36 dengan kriteria sangat baik. Hasil observasi aktivitas
siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 2,3 dengan kriteria cukup baik dan
pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 3,2 dengan kriteria baik. Hasil skala
sikap tanggung jawab pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 3,18 dengan
kriteria baik dan pada siklus II memperoleh rata-rata 3,24 dengan kriteria baik.
Prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 73,27 dan
presentase ketuntasan belajar sebesar 74,13% dengan kriteria baik, sedangkan
pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 80,34 dan persentase ketuntasan
belajar sebesar 81,03% dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa melalui penerapan model Problem Based Learning berbantu
media video dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar siswa
di kelas V SD Negeri Panambangan.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Arifin Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap Tanggung Jawab, Prestasi Belajar PKn, Problem Based Learning, Media Video
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 14 Sep 2017 02:44
Last Modified: 14 Sep 2017 02:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4109

Actions (login required)

View Item View Item