SISTEM SCADA UNTUK PENGENDALIAN KECEPATAN MOTOR INDUKSI DENGAN VARIABLE SPEED DRIVE

HUDA, MUHAMMAD ITMAMUL (2017) SISTEM SCADA UNTUK PENGENDALIAN KECEPATAN MOTOR INDUKSI DENGAN VARIABLE SPEED DRIVE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Muhammad Itmamul Huda_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammad Itmamul Huda_BAB I.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammad Itmamul Huda_BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Muhammad Itmamul Huda_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)
[img] Text
Muhammad Itmamul Huda_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Itmamul Huda_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img]
Preview
Text
Muhammad Itmamul Huda_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (722kB) | Preview
[img] Text
Muhammad Itmamul Huda_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)

Abstract

Dalam pengendalian proses di industri, PLC dan SCADA seringkali digunakan untuk memonitoring dan mengontrol kerja dari suatu alat yang dianggap sangat penting peranannya terhadap sistem. Peracangan sistem SCADA pada penelitian ini bertujuan untuk memonitoring dan mengendalikan kecepatan putar motor induksi 3 fasa. Penentuan konstanta PID dalam PLC sistem SCADA dilakukan dengan menggunakan metode tuning ziegler nichols 2 dan trial and error. Berdasarkan hasil percobaan, metode tuning ziegler nichols 2 tidak dipergunakan dalam pengujian kecepatan putar lebih lanjut, karena hasil percobaan respon dengan osilasi berkesinambungan yang tidak setabil dengan osilasi sebesar 0,14 – 0,2 Hz dan sulit untuk menentukan penguatan PID. Percobaan menggunakan tuning trial and error dengan set point 1000 RPM, nilai Kp=1, Ti=95 dan Td=0 didapatkan nilai maximum overshoot yang kecil (14,7%), rise time 8 detik dan nilai IAE sebesar 7611 dengan karakteristik sistem yang stabil. Hasil pengujian unjuk kerja sistem kendali untuk plant kecepatan motor induksi 3 fasa menunjukkan bahwa performansi sistem kendali menggunakan metode tuning trial and error memiliki nilai rise time yang cepat, nilai overshoot yang cukup kecil dan karakteristik sistem yang stabil.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Wakhyu Dwiono, S.T., M.T. dan Itmi Hidayat Kurniawan, S.T., M.Eng.
Uncontrolled Keywords: PLC, SCADA, PID, Tuning Ziegler Nichols 2, Tuning Trial and Error
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 14 Sep 2017 02:07
Last Modified: 14 Sep 2017 02:07
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4099

Actions (login required)

View Item View Item