SUHAELI, LILI (2017) PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DALAM MENUMBUHKAN CINTA TANAH AIR PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH TAMBAKAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Lili Suhaeli_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lili Suhaeli_BAB I.pdf Download (707kB) | Preview |
Preview |
Text
Lili Suhaeli_BAB II.pdf Download (748kB) | Preview |
![]() |
Text
Lili Suhaeli_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) |
![]() |
Text
Lili Suhaeli_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (827kB) |
![]() |
Text
Lili Suhaeli_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
Preview |
Text
Lili Suhaeli_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (669kB) | Preview |
![]() |
Text
Lili Suhaeli_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan budaya dapat dimasukan dalam pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Pembelajaran di kelas dapat dimasukan ke dalam mata pelajaran seperti mata pelajaran IPS, Seni Budaya, dan PKN. Pembelajaran di luar kelas dapat diajarkan melalui kegiatan ekrakurikuler. Ekstakurikuler yang dapat melestarikan budaya ialah ekstrakurikuler karawitan. Ekstrakurikuler karawitan sangatlah bermanfaat dalam melestarikan budaya, karena karawitan merupakan musik asli dari Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) melihat keadaan ekstrakurikuler karawitan yang ada di MI Muhammadiyah Tambakan. 2)peran ekstrakurikuler karawitan dalam menumbuhkan cinta tanah air pada siswa. 3) faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan ekstrakurikuler karawitan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang paling dasar. Ditujukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena yang bersifat alamiah ataupun rekayasa manusia Partisipan penelitian ini adalah siswa pelatih siswa, guru dan kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Tambakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa keadaaan ekstrakurikuler karawitan dijadwalkan oleh pihak sekolah pada hari kamis, tetapi juga bisa dilaksankan dilain hari. Ekstrakurikuler karawitan yang diajarkan menggunakan metode intruksi langsung, menggunakan gaya banyumasan dan jenis sekar gending dalam pembelajarannya, dan terdapat alat gending yang mulai rusak. Terdapat dua indikator cinta tanah air dalam ekstrakurikuler karawitan. Indikator tersebut ialah bangga dengan karya Indonesia, dan melestarikan budaya indonesia. Faktor penghambat dalam kegiatan ekstrakurukuler karawitan ialah tentang alat yang sudah mulai rusak dan masuknya budaya asing. Faktor pendukung dalam ektrakurikuler karawitan ialah dari lingkungan dan sekolah.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd. dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Ektrakurikuler, Seni Karawitan, Cinta Tanah Air |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 01:48 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 01:48 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4095 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |