ANNISA, INDAH NUR (2017) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Indah Nur Annisa_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Indah Nur Annisa_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Indah Nur Annisa_BAB I.pdf]
Preview
Text
Indah Nur Annisa_BAB I.pdf

Download (619kB) | Preview
[thumbnail of Indah Nur Annisa_BAB II.pdf]
Preview
Text
Indah Nur Annisa_BAB II.pdf

Download (813kB) | Preview
[thumbnail of Indah Nur Annisa_BAB III.pdf] Text
Indah Nur Annisa_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[thumbnail of Indah Nur Annisa_BAB IV.pdf] Text
Indah Nur Annisa_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Indah Nur Annisa_BAB V.pdf] Text
Indah Nur Annisa_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[thumbnail of Indah Nur Annisa_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Indah Nur Annisa_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (669kB) | Preview
[thumbnail of Indah Nur Annisa_LAMPIRAN.pdf] Text
Indah Nur Annisa_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kebijakan gerakan literasi
sekolah di SD desa dan kota. Penelitian ini mencari tahu terkait pelaksanaan,
faktor penghambat, dan upaya mengatasi hambatan dalam kebijakan gerakan
literasi sekolah.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di SD N 1 Kemutug Lor dan SD N 1 Kranji selama bulan
Desember 2016-Mei 2017. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru, dan
Peserta Didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara,
observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian mendeskripsikan tentang: (1)
Pelaksanaan gerakan literasi sekolah di sekolah desa dan sekolah kota dilihat
berdasar aspek sosialisasi dan implementasinya. Sosialisasi kebijakan tersebut
sudah berjalan dengan cukup baik walaupun tidak sepenuhnya dilakukan oleh
pemerintah. Sosialisasi kebijakan disampaikan pada saat kegiatan konferensi
kepala sekolah maupun kegiatan KKG. Implementasi yang difokuskan pada tahap
pembiasaan sudah berjalan dengan baik. Sekolah yang dijadikan sumber
penelitian tersebut baru menerapakn gerakan literasi pada tahap pembiasaan.
Tahap pengembangan dan tahap pembelajaran belum dilaksanakan secara penuh
di sekolah tersebut; (2) Faktor penghambat yang terjadi dilihat dari aspek sarana
dan prasarana, faktor internal peserta didik, faktor internal guru, dan evaluasi
program; (3) Upaya mengatasi hambatan yang dilakukan sesuai dengan hambatan
yang muncul di sekolah masing-masing.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D. dan Sri Muryaningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Gerakan Literasi Sekolah, SD Desa dan Kota
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 14 Sep 2017 01:42
Last Modified: 14 Sep 2017 01:42
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4093

Actions (login required)

View Item View Item