HARTINI, DIAN AMBAR IS (2017) PERAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN SEHAT DI SD NEGERI LOCONDONG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Dian Ambar Is Hartini_JUDUL.pdf Download (886kB) | Preview |
Preview |
Text
Dian Ambar Is Hartini_BAB I.pdf Download (694kB) | Preview |
Preview |
Text
Dian Ambar Is Hartini_BAB II.pdf Download (750kB) | Preview |
![]() |
Text
Dian Ambar Is Hartini_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) |
![]() |
Text
Dian Ambar Is Hartini_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) |
![]() |
Text
Dian Ambar Is Hartini_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
Preview |
Text
Dian Ambar Is Hartini_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (609kB) | Preview |
![]() |
Text
Dian Ambar Is Hartini_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pelaksanaan program UKS merupakan salah satu upaya untuk
meningkatkan kemampuan hidup sehat bagi peserta didik dan guru supaya tercipta
lingkungan sekolah yang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran
UKS dalam menciptakan lingkungan sehat, hambatan pada pelaksanaan peran
UKS dalam menciptakan lingkungan sehat, dan upaya mengatasi hambatan
pelaksanaan peran UKS dalam menciptakan lingkungan sehat di SD Negeri
Locondong. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Proses
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Responden penelitian ini adalah pembina UKS, guru UKS, peserta didik SD
Negeri Locondong, dan pegawai Puskesmas Rawalo. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa peran UKS dalam menciptakan lingkungan sehat
dilaksanakan melalui program-program berikut: 1) Pendidikan kesehatan yang
terdiri dari tiga aspek yaitu: a) Pemberian pengetahuan dan keterampilan tentang
prinsip-prinsip hidup sehat. b) Penanaman perilaku/ kebiasaan hidup sehat. c)
Pelatihan dan penanaman pola hidup sehat agar dapat diimplementasikan dalam
kehidupan sehari-hari. 2) Pelayanan kesehatan dan 3) Pembinaan lingkungan
sehat. Ketiga program tersebut dapat meningkatkan pemahaman peserta didik
mengenai perilaku hidup bersih dan sehat sehingga tercipta lingkungan sekolah
yang sehat. Hambatan pelaksanaan peran UKS yaitu: 1) Keterbatasan dana pada
proses pelaksanaan UKS. 2) Keterbatasan waktu pegawai Puskesmas untuk fokus
100% di UKS. 3) Waktu untuk menciptakan kebiasaan berperilaku bersih dan
sehat. Upaya mengatasi hambatan dalam pelaksanaan peran UKS yaitu: 1)
Mencari dana dari pihak/ intansi lain. 2) Pegawai Puskesmas mengupayakan
kegiatan di tempat kerja dan UKS berjalan beriringan dengan merelakan waktu
libur. 3) Selalu mengingatkan di setiap kesempatan. 4) Memberikan contoh secara
nyata.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd. dan Aji Heru Muslim, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | UKS, Lingkungan Sehat |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 01:32 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 01:32 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |